Sukses

Telur Dinosaurus Terkecil di Dunia Ditemukan di Jepang

Telur dinosaurus terkecil di dunia ini ditemukan di prefektur Hyogo, Jepang.

Liputan6.com, Hyogo - Pejabat pemerintah prefektur Hyogo -- sekitar 500 km dari Tokyo -- mengonfirmasi telah menemukan sebuah telur dinosaurus. Setelah dianalisis, temuan terbesar ini adalah telur dinosaurus terkecil yang pernah ada.

Pecahan cangkang ini diperkirakan berusia 110 juta tahun lalu, demikian seperti dikutip Asahi.

Telur-telur kecil ini ditemukan sudah berupa pecahan cangkang dengan ketebalan cangkang sekitar 0.4 milimeter -- lebih tebal sedikit dibanding cangkang telur ayam. Para ahli memperkirakan beratnya sekitar 100 gram.

Ada sekitar 90 pecahan kulit telur saat ekskavasi dimulai tahun 2007. Setelah dianalisis, 8 di antaranya adalah penemuan baru.

Fosil ini rencananya akan dipamerkan di Museum Nature and Human Activies di Sanda, Hyogo, dari mulai 21 Juli hingga 31 Agustus. Di sana, para penggemar dinosaurus bisa melihat dengan dekat temuan baru ini dinamakan Nipponoolithus ramosus oogen et oosp nov yang kurang lebih berarti 'Telur kayu dari Jepang' dalam bahasa Yunani.

Meksipun para ahli belum bisa mengidentifikasi dari spesies apa telur ini berasal, tapi mereka memperkirakan fosil bakal dinosaurus ini mirip dengan teropod bipedal dari Asia dan Amerika Utara yang berbobot 15 kilogram. (Rie/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini