Sukses

Pesawat Hercules C-130 Pernah Terbang dalam Semua Misi TNI AU

Jhoni menjelaskan, pesawat Hercules C-130 merupakan buatan Amerika Serikat (AS) dengan tahun produksi 1964.

Liputan6.com, Medan - Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Soewondo Medan, Sumatera Utara, Mayor Jhoni Tarigan, mengatakan, pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa 30 Juni 2015, memiliki riwayat penerbangan dalam segala misi di TNI AU.

"Pesawat Hercules C-130 tersebut dari Skuadron 32 Lanud Abdurrachman Saleh, Malang," kata Jhoni di Medan, Rabu 1 Juli 2015.

Dia menjelaskan, dari Lanud Soewondo rencananya pesawat Hercules dengan nomor registrasi A1310 itu, akan berangkat ke beberapa pangkalan militer. Termasuk Natuna dan Tanjungpinang di Kepulauan Riau dalam rangka Operasi Penerbangan Angkutan Udara Militer (PAUM).

"Ini operasi rutin sembari mengangkut logistik militer dengan pilot Kapten Pnb Sandy Permana," ujar Jhoni.

Dari data yang diperoleh, dia melanjutkan, pesawat Hercules C-130 nahas tersebut take off dari Lanud Soewondo sekitar pukul 12.14 WIB. Sekitar 2 menit take off, tiba-tiba pesawat tersebut mengalami kerusakan dan hendak kembali. Namun, sebelum kembali ke Lanud Soewondo pesawat terjatuh di kawasan pemukiman warga, di Jalan Jamin Ginting.

"Pilot Kapten Pnb Sandy Permana sempat meminta return to base (RTB) dengan memutar arah ke kanan sebagai tanda ingin kembali ke Lanud Soewondo. Begitu hendak balik arah, pesawat pun langsung terjatuh dan terbakar," terang dia.

Jhoni menjelaskan, pesawat Hercules C-130 merupakan buatan Amerika Serikat (AS) dengan tahun produksi 1964. Kondisi pesawat dinyatakan masih baik dan layak terbang untuk segala kegiatan TNI AU, karena seringnya perawatan rutin.

"Pesawat membawa awak kru 12 orang dan penumpang sipil 123 orang. Keseluruhan korban dari dalam pesawat 135 orang, belum termasuk warga setempat yang ikut menjadi korban," jelas Jhoni.

Data dari Lanud Soewondo tentang penerbangan Hercules dengan Surat Perintah Terbang nomor SPT 117/ VI/ 2015 :

1. Tipe pesawat: C-130
2. No Pesawat: A1310
3. Awak Pesawat:

- Penerbang I: Kapten Pnb Sandy Permana
- Penerbang II: Lettu Pnb Pandu Setiawan dan Lettu Pnb Dian Sukma
- Navigator: Kapt Nav Setiawan
- Juru Radio Udara: Serma Bambang H
- Juru Mesin: Peltu Ibnu Kohar dan Pelda Andik S
- Juru Mesin Udara II: Pelda Parijo
- Instruktur Load Master: Peltu Ngadiman
- Instruktur Load Master II: Peltu Yahya Koman dan Pelda Agus P
- Ekstra Crew: Prada Afrian

4. Sifat Penerbangan: Operasi
5. Tugas: P 142 Comb Cuti Tar AAU
6. Dasar: Telegram Pangkoopsau 2.

(Sun/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.