Sukses

5 Jenazah Kru Hercules C-130 Dimakamkan Kamis Dini Hari

Dari 8 jenazah kru Hercules C-130 yang tiba malam tadi, 5 di antaranya langsung dimakamkan Kamis dini hari.

Liputan6.com, Malang - Jenazah 8 kru pesawat Hercules C-130 tiba di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur pada Rabu 1 Juli 2015 sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah menjalani berbagai prosesi, 5 di antara jenazah itu langsung dimakamkan pada Kamis (2/7/2015) dini hari sekitar pukul 00.20 WIB.
 
"Para almarhum telah mengabdikan diri pada bangsa dan negara dengan berbagai prestasinya. Kepergian para almarhum ini berarti berkurangnya putra terbaik di TNI AU," kata Panglima Komando Operasi (Pangkoops) TNI AU II Marsekal Muda TNI Barhim di Lanud Abdulrachman Saleh Malang.
 
Saat tiba di Lanud Abdulrachman Saleh, seluruh jenazah mendapat penghormatan terakhir ala militer di hanggar Skuadron 32. Prosesi berlangsung sekitar 45 menit dipimpin langsung Marsekal Muda TNI Barhim. Usai prosesi ini, jenazah diantar ke rumah duka masing - masing.
 
Setelah disemayamkan selama 30 menit, jenazah kemudian disalatkan di masjid setempat. Dari 8 jenazah kru Hercules C-130 yang tiba malam tadi, 5 di antaranya langsung dimakamkan Kamis dini hari.
 
Mereka yang dimakamkan dini hari tadi antara lain Pelda Parijo, Peltu Ngateman dan Pelda Agus Purwanto yang dimakamkan di Kompleks Pemakaman TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Kemudian Peltu Yahya Komari dan Pelda Andik S dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Suropati Kota Malang.
 
Tembakan ke udara atau salvo menghantar jenazah ke liang lahat. Sanak keluarga dan ratusan warga sekitar Lanud Abdulrachman Saleh Malang turut mengiringi prosesi pemakaman tersebut.
 
Sementara jenazah Peltu Ibnu Kohar malam tadi langsung diantar menuju rumah duka di Mojokerto, Jawa Timur. Sedangkan jenazah Kapten Penerbang Sandy Permana disemayamkan di rumah duka di Malang dan pagi ini dikirim menuju Semarang, Jawa Tengah. Jenazah Serma Bambang H pagi ini rencananya juga dikirim ke Magetan, Jawa Timur. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini