Sukses

Pemberontak Suriah Rekam Penembakan Belasan Tentara ISIS

Penembakan dilakukan sebagai balas dendam atas pemenggalan yang baru-baru ini dilakukan ISIS terhadap 3 pejuang Jaysh al-Islam.

Liputan6.com, Damaskus - Kelompok pemberontak Islamis garis keras di Suriah mengeluarkan video yang memperlihatkan pejuangnya menembak mati milisi dari kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Seperti dilansir BBC, Kamis (2/7/2015), anggota Jaysh al-Islam atau Angkatan Bersenjata Islam yang mengenakan seragam oranye terlihat membunuh 18 pria berpakaian hitam yang disebut sebagai tentara ISIS.

Lewat video tersebut mereka mengatakan penembakan dilakukan sebagai balas dendam atas pemenggalan yang baru-baru ini dilakukan ISIS terhadap 3 pejuang Jaysh al-Islam. Kelompok yang didukung Arab Saudi ini juga menuduh ISIS menjadi sekutu pemerintah Suriah.

Video sepanjang 20 menit yang diunggah pada situs internet Jaysh al-Islam itu menirukan rekaman ISIS saat mengumumkan pembunuhan tentara pemerintah dan sandera Barat.

Pengamat mengatakan video ini memperlihatkan peningkatan konflik antara pemberontak Suriah dan ISIS.

Minggu lalu, ISIS mengeluarkan video pemenggalan 12 pemberontak, termasuk paling tidak 3 orang anggota Jaysh al-Islam dan 1 orang dari Front al-Nusra.

Selama 18 bulan perang sengit antara ISIS dan kelompok pemberontak Suriah telah menewaskan ribuan orang. Di bawah pimpinan mantan pegiat Salafis yang dipenjara, Zahran Alloush, Jaysh al-Islam bertempur melawan ISIS di daerah pertanian Ghouta di sekitar Damaskus. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.