Sukses

Kapolri Mengaku Tidak Tahu Capim KPK dari Polri Ada 19 Orang

Badrodin mengatakan dari 6 capim KPK yang menghadap kepadanya, baru 3 orang yang mendapat persetujuan dari dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengaku belum mengetahui jika jumlah calon pimpinan (capim) KPK yang berasal dari Polri berjumlah 19 orang. Menurutnya, hanya ada 6 capim KPK yang meminta rekomendasinya. Kemungkinan 13 capim yang berlatar belakang polisi tersebut sudah berstatus purnawirawan.

"Saya belum tahu sebanyak itu, setahu saya hanya 6. Yang aktif persyaratannya memang meminta rekomendasi pada Kapolri. Kalau purnawirawan tidak perlu meminta (rekomendasi) sehingga saya tidak tahu," ungkap Badrodin Haiti di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (1/7/2015).

Badrodin mengatakan dari 6 capim KPK yang menghadap kepadanya, baru 3 orang yang mendapat persetujuan dari dirinya. Sementara 3 lainnya masih melakoni rangkaian proses pengajuan diri sebagai capim.

"Saya sudah tanda tangani 3, mungkin yang lain masih dalam proses," jelas Badrodin.

Juru bicara Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Betti Alisjahbana sebelumnya memaparkan jumlah kandidat capim KPK terdata ada 496 orang dan 19 orang di antaranya adalah polisi dan pensiunan polisi.

"Polri 19, 6 di antaranya purnawirawan," ujar Betti ketika dihubungi, Selasa 30 Juni 2015.

Sedangkan dari institusi penegak hukum lainnya adalah 2 perwira TNI dan 2 purnawirawan TNI. Selanjutnya ada 3 jaksa, 3 hakim, 4 wartawan, sedangkan dari internal KPK sendiri ada 2 pendaftar. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini