Sukses

Jokowi Perintahkan Investigasi Mendalam Sebab Hercules Jatuh

Jokowi langsung menginstruksikan agar dilakukan investigasi untuk menguak sebab jatuhnya pesawat Hercules TNI AU di Medan.

Liputan6.com, Depok - ‎Ratusan orang jadi korban jatuhnya pesawat Hercules TNI AU di Medan, Selasa 30 Juni. Presiden Jokowi langsung menginstruksikan agar dilakukan investigasi untuk menguak sebab jatuhnya burung besi itu.

"Evakuasi korban kecelakaan pesawat Hercules telah dilakukan dan saya juga telah memerintahkan investigasi yang mendalam soal penyebab kecelakaan ini dan agar segera dilakukan," ujar Jokowi di Mako Brimob Polri, Depok, Rabu (1/7/2015).

Presiden Jokowi pun ingin alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI dapat memenuhi zero accident atau tanpa kecelakaan.

"Saya juga ingin TNI memperkuat sistem zero accident, kecelakaan nihil, untuk menggunakan alutsista TNI. Mulai Pesawat tempur, angkut, kapal selam, kapal perang, hingga helikopter, perwira serta prajurit TNI yang mengawakinya harus berada kesiapan yang tinggi," tegas Jokowi.

Pesawat Hercules TNI AU mengalami kecelakaan di Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni. Pesawat dengan registrasi A-1310 type C-130 itu terbang dari Lanud Suwondo, Medan menuju Tanjung Pinang.

"Take off runway 23 Suwondo jam 11.48, kemudian saat akan ditransfer ke Medan APP, pilot request RTB (return to base)," tulis laporan dari TNI AU yang diterima Liputan6.com.

Sebelum jatuh, pesawat yang membawa 101 penumpang dan 12 awak itu sempat berbelok ke kanan dan mengalami crashed sebelum kontak dengan Medan APP. (Vin/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini