Sukses

Hercules C-130 Jatuh di Medan, Jokowi Akan Audit Total Alutsista

Presiden mengaku mendapatkan laporan pesawat yang jatuh tersebut merupakan pesawat hercules ‎KC-130 B‎ yang berusia cukup tua.

Liputan6.com, Cilacap: Pesawat Hercules dengan nomor registrasi A-1310 jatuh di Kota Medan, Sumatra Utara. Presiden Jokowi langsung menelepon Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriyatna untuk mengetahui penyebab terjadinya insiden tersebut.‎

Presiden mengaku mendapatkan laporan pesawat yang jatuh tersebut merupakan pesawat hercules ‎KC-130 B‎ yang berusia cukup tua.

"Kalau tadi saya telepon KSAU, saya tanya, dia bilang pesawat itu dibeli tahun 1964," ujar Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2015).

Jokowi mengakui faktor usia pesawat yang sudah tua memang menjadi penyebab sering terjadinya kecelakaan pesawat yang terjadi di Tanah Air. Oleh karena itu, dia mengatakan modernisasi alutsista menjadi sebuah keharusan.

"Saya kira memang dari beberapa kali kecelakaan, kita harus memodernisasi dan harus diperbarui. Makanya, ‎ini akan kita audit total, tidak sekali dua kali ini saja," kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Terkait dengan perkembangan laporan mengenai data korban dan penyebab insiden tersebut, Jokowi mengaku TNI AU masih melakukan proses investigasi dan evakuasi korban. "Saya belum tahu, ini masih proses investigas," ucap Jokowi. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini