Sukses

JK: Pemerintah Beri Santunan Warga Sipil Korban Hercules Jatuh

Jusuf Kalla berjanji akan memberikan santunan pada warga sipil korban jatuhnya Hercules C-130 di Medan.

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah berjanji memberi santunan pada warga sipil yang menjadi korban jatuhnya  Hercules C-130 di Kota Medan, Sumatera Utara. Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Tentu warga sipil pemerintah akan menyantuni, tergantung kondisinya‎. Kita belum tahu aturannya," kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Atas kejadian ini, pemerintah akan mengevaluasi alat utama sistem pertahanan (alusista). JK mengatakan, secara bertahap alusista akan terus diperbaiki. "‎Rencananya pemerintah mempengaruhi alutsista kita secara bertahap," tegas JK.

JK menuturkan, tidak akan meninjau lokasi kejadian. Ia ingin aparat yang bertugas menyelesaikan kerjanya lebih dahulu. Selain itu, ia juga menunggu laporan penyidikan dari pihak militer atas jatuhnya pesawat milik TNI AU itu tersebut.

"‎Belum (ada rencana ke Medan). Biar diselesaikan dulu secara penyidikan militer," imbuh dia.

JK juga mengucapkan belasungkawa atas insiden yang menimbulkan korban jiwa tersebut. Ia menuturkan kecelakaan disebabkan faktor kesalahan teknis pesawat.

"‎Namanya pesawat militer atau pesawat sipil bisa jatuh karena disebabkan alasan teknis, manusia, atau alam. Tapi ini kelihatannya karena teknis. Saya baca laporannya dia mau kembali," ujar dia.‎

"‎Saya sendiri mengucapkan bela sungkawa atas kecelakaan yang terjadi pada Hercules tadi siang, yang mudah-mudahan ada yang selamat," tandas JK.‎ (Don/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.