Sukses

Pesawat Hercules Jatuh di Medan Bertujuan Akhir Pontianak

Pesawat itu berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pagi tadi pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara tengah dalam perjalanan penerbangan rutinnya. Pesawat itu berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pagi tadi pukul 06.00 WIB.

"Pesawat tersebut sedang melakukan penerbangan rutin, mengangkut prajurit," kata Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) I, Marsda TNI Dwi Putranto, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (30/6/2015).

"Pada Senin (29 Juni 2015) dari Malang, Jawa Timur, tadi pagi berangkat dari Halim," imbuh dia.

Dwi mengatakan, pesawat nahas yang dikemudikan oleh Kapten Pnb Sandi itu mengangkut sekitar 12 kru. Dari Jakarta, pesawat bertolak ke Pekanbaru, Riau kemudian ke Medan, Sumut. Seharusnya melanjutkan perjalanan ke Dumai di Riau, Tanjung Pinang di Kepulauan Riau, dan Pontianak di Kalimantan Barat.

"Itu rute harian pesawat, terakhir ke Pontianak," ujar dia.

Sementara Kadispenau, Marsma TNI Dwi Badarmanto mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Evakuasi di titik jatuhnya pesawat pun masih diupayakan.

"Tim sudah menuju ke sana untuk melaksanakan evakuasi. Saat ini tim tengah melakukan penyidikan sehingga belum dapat dipastikan jumlah korban akibat kecelakaan tersebut," tandas Dwi. (Ant/Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.