Sukses

Minta Hujan, Penduduk Desa di Thailand Pakai Doraemon

Namun sampai sejauh ini, doa penduduk desa tidak terjawab dan kekeringan terus berlangsung di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Mencegah kecaman dari kelompok penyayang binatang, penduduk desa di daerah yang dilanda kekeringan di Thailand utara menggunakan boneka kucing populer asal Jepang, Doraemon, pada upacara meminta hujan.

Biasanya penduduk desa menggunakan kucing hidup sebagai bagian dari upacara meminta hujan. Tapi, karena khawatir dituduh melakukan kejahatan terhadap binatang, seperti dilaporkan situs Thai Rath, penduduk setempat akhirnya memilih menggunakan karakter manga Jepang, Doraemon, robot kucing penjelajah waktu.

Dikutip dari BBC, Selasa (30/6/2015), Doraemon itu dikurung dalam sebuah sangkar kayu dan diarak di sekitar desa di Provinsi Phrae.

Upacara meminta hujan digelar penduduk setelah desa mereka dilanda kekeringan yang menyebabkan mereka tidak bisa mengairi tanaman jagung mereka.

Ada pun Doraemon dipilih karena tidak seorang pun dapat menemukan kucing mainan lain yang lebih mendekati kucing asli.

Dalam upacara tersebut, boneka dibawa ke tempat-tempat suci di sekitar desa, dan diakhiri dengan upacara di wihara. Namun sampai sejauh ini, doa penduduk desa tidak terjawab dan kekeringan terus melanda Thailand. (Sun/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.