Sukses

Bantah Hina Presiden, Rini Soemarno Minta Tidak Menyebar Fitnah

Sebagai anggota kabinet, Rini menegaskan sudah menjadi kewajiban seorang menteri untuk menjaga martabat dan kehormatan Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, membantah transkripsi yang menyebutkan dirinya mengucapkan kata-kata yang dapat dianggap menghina Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Transkripsi ini beredar di media sosial menyusul tuduhan adanya menteri yang menghina Presiden.

"Sepatutnya dalam bulan suci Ramadan ini kita semua tidak semestinya memfitnah orang," ujar Rini dalam keterangan tertulisnya, Senin 29 Juni 2015.

Menurut dia, bahasa yang ada dalam transkripsi tersebut bukanlah bahasa yang biasa dipakainya sehari-hari. Sebagai anggota kabinet, Rini menegaskan sudah menjadi kewajiban seorang menteri untuk tetap menjaga martabat dan kehormatan Presiden.

"Bagi saya adalah mutlak untuk mematuhi dan menghormati Presiden sebagai atasan saya," tegas dia.

Dituding Menghina Presiden

Sebelumnya, sejumlah politisi mengaku mempunyai rekaman ucapan penghinaan yang dilakukan seorang menteri. Anggota Komisi III DPR, Akbar Faisal, mengaku memiliki isi pembicaraan menteri yang menghina Jokowi tersebut.

"Saya terima ini melalui grup di handphone saya, ini pada waktu acara 3 Juni 2015," kata Akbar di Gedung DPR, Jakarta, Senin kemarin.

Mantan anggota Tim Transisi Jokowi-JK itu pun membacakan petikan transkripsi yang diterimanya kepada wartawan.

"Kalau memang saya harus dicopot ya silakan. Yang penting Presiden bisa tunjukkan apa kesalahan saya dan jelaskan bahwa atas kesalahan itu saya pantas dicopot. Belum tentu juga Presiden ngerti apa tugas saya. Wong Presiden juga enggak ngerti apa-apa," ungkap Akbar membaca isi rekaman tersebut.

Mengenai sosok menteri yang menghina Presiden itu, Akbar tidak mau menyebutkan. "Silakan tanya Pak Tjahjo (Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo). Saya enggan mengungkapkan," jelas Akbar. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rini Soemarno kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
    Rini Soemarno kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

    Rini Soemarno

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini