Sukses

Jokowi Dinilai Paling Tepat Bekali Peserta Sekolah Partai

Agar masing-masing calon dari PDIP dapat menyelaraskan visi-misinya dengan pemerintahan Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai presiden yang diusung PDIP, Joko Widodo atau Jokowi sebaiknya turut mengisi pembekalan para calon kepala daerah yang digembleng di Program Sekolah Partai. Pria yang akrab disapa Jokowi itu dinilai paling tepat membekali peserta tentang visi misi pemerintahan nasional.

"Sudah sepatutnya Jokowi juga mengisi materi pembekalan yang terkait dengan visi-misi pemerintahan nasional. Agar, masing-masing calon dari PDIP dapat menyelaraskan visi-misinya dengan pemerintahan Jokowi-JK," ujar Pengamat Politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Haryadi di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Selain itu, lanjut dia, tak masalah bila sebagai kader PDIP, Jokowi merasa berkepentingan turun langsung membantu sukses keterpilihan calon kepala daerah dari partai itu.

"Tentu saja Presiden Jokowi harus tetap mengacu prosedur aturan main yang ditetapkan dalam Pilkada 2015," ucap dia.

Bagi Haryadi, kedua hal itu penting dilakukan karena sekolah partai itu adalah mekanisme kelembagaan PDIP untuk membekali kadernya yang akan maju dalam kontestasi Pilkada serentak pada Desember mendatang.

Pembekalan itu, tambah dia, mencakup penguatan ideologi partai, pendalaman visi-misi pemerintahan Jokowi-JK, serta strategi pemenangan.

Dia menuturkan masih amat bisa dimengerti jika PDIP berkepentingan menggapai kemenangan sebanyak-banyaknya dalam Pilkada serentak 2015. Karena sukses memenangkan Pilkada niscaya sukses pula pemerintahan nasional.

"Artinya, kinerja dan efektivitas pemerintahan nasional yang dipimpin Presiden dari PDIP akan lebih optimal dan mudah dikoordinasikan dengan kepala daerah atau wakil kepala daerah yang dari PDIP juga," tandas Haryadi. (Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini