Sukses

Kabareskrim: 9 Kasus Korupsi Kelas Kakap Segera Naik Sidik

Jika nantinya dugaan kerugian negara sudah terungkap dari audit PPATK, barulah sejumlah kasus tersebut masuk ke penyidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Reserse Kriminal Polri saat ini tengah berupaya mengungkap 9 kasus besar yang diduga berkaitan dengan dugaan korupsi. Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Budi Waseso mengungkapkan dalam waktu dekat, 9 kasus kelas kakap itu bakal segera masuk ke rana penyidikan.

"Yang jelas 9 ini akan naik sidik segera mungkin," kata Budi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Budi menambahkan, saat ini pihaknya juga masih menunggu hasil audit dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) atas 9 kasus tersebut. Jika nantinya dugaan kerugian negara sudah terungkap dari audit PPATK, barulah sejumlah kasus tersebut masuk ke penyidikan.

"Bagaimana hasil kebulatan kerugian negaranya, kalau sudah ada itu naik sidik," ucap Jenderal bintang 3 yang akrab disapa Buwas ini.

Buwas sebelumnya menyatakan pihaknya tengah berupaya mengungkap 9 kasus besar. Semuanya merupakan kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

Ia menjelaskan, kesembilan kasus kelas kakap itu diduga merugikan negara hingga triliunan rupiah. Tetapi, jenderal bintang 3 yang akrab disapa Buwas ini enggan membeberkan secara gamblang. "Nilainya triliunan semua. Kan kita nangani triliunan," sebut Buwas di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (26/6/2015).

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Victor Simanjuntak mengatakan dari 9 kasus kelas kakap itu, 2 di antaranya tengah ditangani direktoratnya.

"Yang di Eksus saya tangani 2 kasus, nilai kerugiannya besar itu, bisa sampai triliunan. Salah satunya kasus kondensat," kata Victor. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini