Sukses

Gelar Sekolah Partai, PDIP Dinilai Siap Bertarung dalam Pilkada

Jika PDIP memenangi Pilkada serentak di banyak daerah, maka akan lebih menjamin koordinasi dan efektivitas pemerintahan nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan sekolah partai untuk calon kepala daerah yang digelar PDI Perjuangan dinilai salah satu langkah strategis dan logis, serta menunjukkan keseriusan menghadapi pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

Dosen politik Universitas Airlangga, Haryadi, menyebut, calon kepala daerah yang akan maju dari partai itu akan sangat diuntungkan dengan adanya program sekolah partai tersebut.

"Melalui langkah persiapan yang amat serius itu, lepas dari kelemahan yang mungkin masih ada, maka pantas jika siapa pun pasangan yang diusung atau didukung oleh PDIP pasti akan menjadi pasangan calon yang paling diperhitungkan dalam tiap daerah yang menggelar pilkada serentak 2015," kata Haryadi di Jakarta, Senin 29 Juni 2015.

Menurut Haryadi, dengan mengadakan sekolah partai, PDIP menunjukkan diri sebagai parpol yang telah siap menyongsong Pilkada serentak 2015. Kesiapan itu tentu terkait dengan kepentingannya, yakni sukses pilkada adalah juga sukses pemerintahan nasional‎ yang dipimpin Presiden Joko Widodo, yang merupakan kader PDIP.

Artinya, lanjut Haryadi, jika PDIP memenangi pilkada serentak di banyak daerah, maka akan lebih menjamin koordinasi dan efektivitas pemerintahan nasional yang dipimpin Jokowi.

"Menjadi logis jika PDI Perjuangan amat serius menyongsong Pilkada 2015. Keseriusan itu tercermin dengan menggelar sekolah politik bagi calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah yang telah mendapat rekomendasi pimpinan pusat partai," papar Haryadi.

Di dalam proses sekolah partai itu, kata dia, niscaya para calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah takkan sekadar dibekali strategi pemenangan dalam pilkada serentak, tetapi juga penguatan ideologi partai dan pendalaman visi-misi pemerintahan Jokowi-JK. Plus, dibekali prinsip etik dalam relasi antara petugas partai dengan partainya.

Sementara bagi PDIP, persiapan pilkada lewat kelembagaan sekolah partai ini juga merupakan model baru dalam perjuangan mengoptimalkan kemenangan. Kegiatan itu akan mengukuhkan komitmen calon terhadap prinsip-prinsip partai.

"Untuk tujuan itu, Sekolah Partai PDI Perjuangan patut diacungi jempol dan pasti akan menjadi inspirasi bagi partai-partai yang lain," tandas Hariadi.

DPP PDIP secara resmi membuka sekolah partai untuk calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada Minggu 28 Juni 2015 pukul 11.30 WIB. Sekolah dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Gedung DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sebanyak 137 orang calon kepala daerah menjadi peserta sekolah partai itu. Mereka akan dikonsentrasikan dan digembleng hingga 3 Juli mendatang di lokasi pendidikan di Cimanggis, Depok‎, Jawa Barat. (Sun/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.