Sukses

Ada Kejanggalan, Saksi Pembunuhan Akseyna Diperiksa Lagi

Kejanggalan itu, kata Krishna, lebih disebabkan keterangan saksi yang tidak konsisten dan berubah-ubah.

Liputan6.com, Jakarta - Misteri terbunuhnya mahasiswa Universitas Indonesia, Akseyna Ahad Dori, belum juga terungkap. Alih-alih mendapat titik terang, polisi malah menemukan kejanggalan pada keterangan para saksi. Karena itu, polisi berniat meminta keterangan kembali dari sejumlah saksi kunci.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti mengatakan, kejanggalan keterangan didapat dari hasil gelar perkara yang dilakukan petugas. Dia menyebut, ada yang tidak sinkron dari beberapa keterangan saksi.

"Selama ini terpisah-pisah interogasinya. Baru menemukan alur konstruksi kronologi yang seharusnya, dan alurnya janggal. Kemudian didiskusikan kejanggalan itu," kata Krishna di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu 28 Juni 2015.

Kejanggalan itu, kata Krishna, lebih disebabkan keterangan saksi yang tidak konsisten dan berubah-ubah. Untuk itu, dia berencana meminta keterangan kembali dari para saksi kunci.

"Kita akan periksa ulang secara intensif saksi kunci tentang informasi yang dia berikan. Apabila nanti ada keterangan yang tidak diberikan dengan benar, kan dia saksi, harusnya memberikan keterangan yang benar, yang berhak mengelak dan berbohong itu tersangka," jelas dia.

Tidak sinkronnya keterangan para saksi membuat penyidik curiga. Diduga ada informasi yang disembunyikan atau sengaja tidak diungkap oleh para saksi. Hal inilah yang terus digali polisi.

"Kenapa ada sikap ketidakkooperatifan? Ada informasi yang belum dibuka. Itu yang kita mau cari," ujar Krishna.

Meski demikian, Krisna tidak menyebutkan kejanggalan yang ditemukan oleh penyidik. Dia hanya mengatakan, tim sudah mendapat gambaran tindak lanjut kasus ini, termasuk melakukan pemeriksaan kembali para saksi yang dianggap perlu.

Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Akseyna Ahad Dori, ditemukan tewas di danau UI pada Kamis 26 Maret 2015. Jasadnya mengambang dan polisi menemukan tas berisi konblok yang menggantung di tubuh korban. (Sun/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini