Sukses

Ledakan di Water Park Taiwan Picu 'Cedera Massal' 472 Orang

Ledakan terjadi setelah zat yang belum bisa dipastikan jenisnya meledak di atas panggung pada Sabtu 27 Juni 2015 malam.

Liputan6.com, New Taipei - Setidaknya 472 orang mengalami cedera -- 100 di antaranya dalam kondisi serius -- setelah bubuk yang mudah terbakar  meledak di udara di sebuah taman rekreasi air atau water park di Taiwan.

Ledakan terjadi setelah zat yang belum bisa dipastikan jenisnya meledak di atas panggung pada Sabtu  27 Juni 2015 sekitar pukul 20.30 waktu setempat di Formosa Fun Coast. Demikian keterangan dari petugas pemadam kebakaran seperti dikabarkan Central News Agency (CNA).

"Api kemudian menjalar tak terkendali," CNA melaporkan, seperti Liputan6.com kutip dari CNN, Minggu (28/6/2015).

Rekaman video menunjukkan, bola api besar tiba-tiba muncul di panggung, diikuti teriakan panik pengunjung yang tunggang langgang menyelamatkan diri.

Beberapa orang menggunakan pelampung besar sebagai tandu untuk membawa korban yang luka.

Ledakan di waterboom Taiwan (Reuters)

"Ini adalah insiden cedera massal terburuk di New Taipei," kata Walikota Eric Chu.

New Taipei adalah kota berpenduduk paling padat di Taiwan. Walikota meminta bantuan dari ambulans dari wilayah-wilayah tetangga seperti Taipei, Taoyuan, dan Keelung.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Luo Shao-he mengatakan, seluruh rumah sakit militer di wilayah utara disiagakan untuk merawat pasien.

Pihak Formosa Fun Coast menduga, ledakan parah terjadi selama pesta kolam "Color Play Asia" yang diadakan beberapa perusahaan berbeda yang menyewa sejumlah bagian taman.

"Kami sangat menyesalkan insiden yang menyebabkan cedera pada banyak korban ini," demikian pernyataan pihak Formosa Fun Coast. "Yang paling mendesak yang harus kami lakukan saat ini adalah menangani dan membantu para korban di lokasi kejadian dan bekerja sama secara baik dengan pemadam kebakaran New Taipei. (Ein/Ndy)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini