Sukses

Said Didu Nilai Kasus Mobil Listrik Dahlan Iskan Salah Sasaran

Sebab, sumber pendanaan mobil listrik berasal dari dana Corporate Social Responsibility atau CSR.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan birokrat yang pernah menjabat sebagai Sekretaris BUMN Said Didu menilai kasus dugaan korupsi pengadaan mobil listrik senilai Rp 32 miliar di 3 BUMN yang diusut Kejaksaan Agung dan menjadikan Dahlan Iskan sebagai saksi, salah sasaran. Said menilai kasus tersebut menjadi aneh ketika peneliti yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang aneh masa peneliti jadi tersangka. Ini kan sumber dananya yang bermasalah," ucap Said Didu seusai diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/6/2015).

Said menilai penetapan tersangka tersebut terkait kasus mobil listrik tidak ada dasar hukumnya. Mengingat, sumber pendanaannya berasal dari dana Corporate Social Responsibility atau CSR.

"Mobil listrik itu pakai dana CSR, tidak ada dasar hukumnya. Kalau pengertian jaksa CSR ini sebagai anggaran negara," terang dia.

Said juga menuturkan masalah penetapan peneliti sebagai tersangka dalam kasus mobil listrik dapat menjadi preseden buruk dalam penegakan hukum ke depannya. Akan banyak pihak lain yang akan terjerat dalam pola yang sama.

"Misalkan buat reklame untuk undang investor di media, terus gagal. Lalu medianya juga ikut jadi tersangka. Dan kalaupun itu dilakukan oleh semua BUMN, bikin dana iklan semua BUMN juga ikut masuk (jadi tersangka) semua," pungkas Said Didu.

Kasus ini berawal pada 2013 lalu. Saat itu Dahlan Iskan yang menjabat sebagai Menteri BUMN menugaskan sejumlah BUMN untuk menjadi sponsor pengadaan mobil listrik untuk mendukung kegiatan operasional konferensi APEC tahun 2013 di Bali.

Namun, 16 mobil itu ‎akhirnya tidak bisa benar-benar digunakan. Keenambelas mobil itu kemudian dihibahkan ke sejumlah universitas yaitu UI, ITB, UGM, Unibraw, dan Universitas Riau‎. Akibatnya ketiga BUMN mengalami kerugian, tapi jaksa belum memutuskan berapa besar kerugian negara tersebut.

Sejauh ini penyidik Kejaksaan Agung sudah menetapkan 2 tersangka, yakni Dasep Ahmadi dan Agus Suherman. Meski belum ditahan, keduanya sudah dicekal.

Sementara itu, sang pelopor mobil listrik, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, masih berstatus sebagai saksi dalam kasus ini. Dia pun sudah diperiksa sekali oleh pihak Kejagung. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

Video Terkini