Sukses

Langkah Bang Yos Dipastikan Mulus di Fit and Proper Test?

Bang Yos sudah sangat pengalaman dan melewati beberapa rezim kepemimpinan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test kepada calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen Purn Sutiyoso. Beberapa orang menyebut langkah pria yang akrab disapa Bang Yos itu mulus dalam uji kepalakan dan kepatutuan nanti.

Salah satunya anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Mukhamad Misbakhun. Dia menilai, Bang Yos hampir dipastikan lolos fit and proper test tersebut. Sebab, mantan Gubernur DKI itu sudah sangat pengalaman dan melewati beberapa rezim kepemimpinan.

"Alasannya karena punya pengalaman, yakni pengalaman teritorial dari zaman Presiden Soeharto, Habibi, Gus Dur, Megawati hingga SBY. Dia tahu peristiwa sejarah, dan secara pribadi saya‎ setuju Bang Yos," kata Misbakhun kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (26/6/2015).
‎
Selain itu, Misbakhun memandang presiden pasti sudah berpikir matang sebelum memilih calon kepala BIN. Meski pun pada akhirnya timbul pro dan kontra terkait pemilihan Bang Yos oleh Jokowi, kemungkinan besar DPR akan menghormatinya.

‎"Saya melihat ketika Presiden sudah memilih, kita apresiasi dan berikan poin. Presiden punya penilaian tersendiri terlepas beliau Ketua Umum PKPI. Bang Yos sudah pengalaman berkarier di birokrasi," papar Misbakhun.
‎
Terkait umur Bang Yos yang dinilai sudah terlalu tua memimpin BIN, Misbakhun berujar, hal tersebut dilihat dari institusinya bukan dari siapa kepala intelijennya.

Selain itu, Misbakhun menilai Bang Yos pernah menjadi komandan yang cakap dalam bertugas saat di militer.

"Intelijen gerak cepat bukan dia, tapi institusinya. Bang Yos komandan tempur yang hebat. Beliau punya pengalaman luar biasa, pimpin Jakarta hebat, Persija hebat, busway hebat. Saat bertugas di Timor Timur jadi komandan dia cakap," tandas Misbakhun. (Bob/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini