Sukses

Aktivitas Vulkanik Sinabung Tak Ganggu Penerbangan di Kualanamu

Di Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara, debu yang berjatuhan tampak lebih banyak.

Liputan6.com, Medan - Tingginya aktivitas vulkanik yang terjadi di Gunung Sinabung, membuat debu vulkanik yang dikeluarkan menyebar ke berbagai daerah mengikuti arah mata angin.

Di Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara, debu yang berjatuhan tampak lebih banyak terasa dibandingkan dengan di Kecamatan Batang Kuis yang juga terletak di Kabupaten Deli Serdang.

Meskipun kedua kecamatan tersebut masih tergolong cukup dekat secara geografis dengan Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA), namun PT Angkasa Pura (AP) II cabang KNIA mengaku belum ada gangguan penerbangan yang disebabkan debu vulkanik tersebut.

"Hingga saat ini alhamdullilah masih aman. Belum ada gangguan penerbangan dari pagi," kata Manajer Humas PT Angkasa Pura (AP) II cabang KNIA Dewandono Prasetyo Nugroho, Kamis (25/6/2015).

Dijelaskan Dewandono, mengenai adanya penerbangan yang ditunda dan dibatalkan bukan dikarenakan adanya aktivitas vulkanik yang terjadi di Gunung Sinabung. Ia juga memastikan sejauh ini dampaknya belum mengkhawatirkan.

"Mengenai jarak pandang masih kategori normal. Kalaupun ada yang ditunda atau dibatalkan pada hari ini masih karena persoalan teknis dan bukan karena adanya debu vulkanik Sinabung," terang Dewandono. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.