Sukses

Jokowi Pastikan Politik Luar Negeri RI Tanpa Beban Aliansi

Kekonsistenan politik luar negeri Indonesia sesuai dengan UUD 1945.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan dalam Sidang DPD-DPR RI mengatakan prinsip politik luar negeri Indonesia akan terus konsisten. Kekonsistenan ini sesuai dengan UUD 1945.

"Seperti digariskan dalam UUD 1945, prinsip dasar politik luar negeri kita adalah bebas aktif. Prinsip ini menuntut Indonesia menentukan kebijakan politik luar negeri secara bebas, mandiri, dan tanpa beban aliansi," kata Jokowi di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Jokowi menyatakan Indonesia akan terus aktif dalam menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia. Peran tersebut diwujudkan dengan mengirimkan pasukan perdamaian dunia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Indonesia akan terus mengirimkan pasukan perdamaian ke berbagai belahan dunia, menjadi penengah konflik, memberikan kepemimpinan dalam pembuatan norma-norma regional dan global," tutur Jokowi.

"Indonesia akan terus berkontribusi dan berperan dalam menciptakan keamanan di Asia Tenggara, serta memberikan kepemimpinan di Samudra Hindia, di mana Indonesia akan menjadi pemimpin Indian Ocean Rim Association pada 2015-2017," pungkas Jokowi. (Ger/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.