Sukses

Mobil Listrik Hibah Pertamina di Unibraw Terbengkalai

Pihak universitas tidak bisa memperbaikinya sendiri karena tidak ada transfer keilmuan tentang mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, merupakan satu dari sekian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mendapat hibah mobil listrik dari PT Pertamina. Mobil yang diserahkan pada Juli 2014 itu, kini hanya terparkir di halaman Fakultas Teknik.
 
Mobil itu adalah salah satu mobil listrik yang tengah diselidiki Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan korupsi di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kasus yang diduga merugikan uang negara sebesar Rp 32 miliar ini menyeret nama mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Pihak Universitas Brawijaya siap menyerahkan mobil itu ke Kejagung guna kepentingan penyelidikan jika memang dibutuhkan.

“Kami siap menyerahkan ke Kejagung kalau mobil itu akan diambil. Tapi sampai sekarang kami belum mendapat pemberitahuan dari Kejagung,” kata Kepala Bagian Humas Universitas Brawijaya Malang, Anang Sujoko, Rabu (24/6/2015).
 
Mobil itu sudah tak bisa digunakan karena masalah teknis dalam sistem kelistrikannya. Meski sudah diisi penuh, listrik dalam baterai tetap saja cepat habis. Praktis, mobil itu berfungsi dengan baik hanya selama beberapa hari, setelah kali pertama diserahkan Pertamina ke Universitas Brawijaya.

Pihak universitas tidak bisa memperbaikinya sendiri karena tidak ada transfer keilmuan tentang mobil listrik. Jika ada masalah, selalu ada teknisi dari PT Sarimas Admadi Pratama selaku podusen mobil. Seluruh biaya perbaikan menjadi tanggungjawab Pertamina.
 
“Biaya perbaikannya mahal, tapi tak pernah ada transfer keilmuan dari pihak produsen ke kami. Tapi kalau nanti mobil itu diambil Kejagung, silakan saja. Kami menghormati proses hukum,” tandas Anang. (Bob/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

Video Terkini