Sukses

Pengamat: Sayang Bus Scania Transjakarta Diisi BBM Kualitas Bawah

Kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia tidak sesuai dengan kualifikasi BBM untuk bus Scania.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat transportasi dari Universitas Gadjah Mada, Danang Parikesit, menyayangkan pembelian bus Scania untuk Transjakarta oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia mengakui Scania merupakan merek bus dengan teknologi tinggi dan tentu saja kualitasnya lebih bagus dibandingkan bus Zhongtong.

"Scania merupakan bus yang berteknologi maju dari sisi efisiensi bahan bakar dan modern dari sisi emisi serta polusi," papar Danang ketika dihubungi Liputan6.com, Selasa (23/6/2015).

Namun, kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia tidak sesuai dengan kualifikasi BBM untuk bus Scania.

"Saya khawatir karena yang Scania gunakan itu BBM dengan kualitas Euro 6. Sementara kualitas bahan bakar kita masih Euro 2. Sayang jika diisi dengan BBM yang tak sesuai kebutuhan Scania," ujar Guru Besar Fakultas Transportasi UGM ini.

Jumat pekan lalu, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan bangga memperkenalkan bus merek Scania yang segera mengaspal di Ibu Kota. 20 Armada tersebut akan dikelola PT Transportasi Jakarta seperti terdahulunya, bus Zhongtong.

Mantan Bupati Belitung Timur tersebut optimistis armada ini sebagai tonggak peremajaan bus tua lainnya yang masih beroperasi di Jakarta. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok