Sukses

Bantuan Rp 6 Miliar dari Jokowi untuk Warga Sinabung Diserahkan

Jumlah pengungsi 10.184 jiwa (3.030 KK) tersebar di 10 pos pengungsian.

Liputan6.com, Karo - Aktivitas erupsi Gunung Sinabung masih dilaporkan masih tinggi. Hampir sepanjang hari Selasa ini, hujan abu tipis mengguyur sisi selatan-tenggara dari puncak gunung berapi tersebut.

Jumlah pengungsi 10.184 jiwa (3.030 KK) tersebar di 10 pos pengungsian.

Jumlah pengungsi ini dinamis karena sebagian pengungsi, khususnya laki-laki dewasa, sering kembali ke rumahnya untuk memelihara kebun atau tanaman pertanian. Sebagian juga menginap di sanak saudara atau warga yang berada di dekat pos pengungsian. Rasa gotong royong dan solidaritas masyarakat Karo cukup tinggi membantu para pengungsi.

Untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi pengungsi, Presiden Jokowi telah menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp 6 miliar. Diserahkan oleh Kepala BNPB, Syamsul Maarif, kepada Bupati Karo untuk selanjutnya digunakan memenuhi kebutuhan dasar pengungsi di Kabanjahe, Selasa (23/6/2015).

"Pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi masyarakat di sekitar Sinabung. Kita tidak tahu sampai kapan erupsi Gunung Sinabung berakhir, tapi pemerintah akan terus membantu," kata Syamsul Maarif dalam keterangan tertulis yang disampaikan melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

"Sejak erupsi September 2013 hingga sekarang, BNPB telah memberikan bantuan Rp 141,2 milaar kepada Pemda Karo dan masyarakat Sinabung. Tidak perlu erupsi Gunung Sinabung dijadikan bencana nasional, sebab Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karo dan Pemda Provinsi Sumatera Utara masih beraktivitas normal."

"Kecuali jika seperti tsunami Aceh 2004 yang kondisi pemda dan masyarakat sudah lumpuh total. Jika pemda terbatas APBD-nya untuk Sinabung, tidak masalah, Pemerintah Pusat akan tetap membantu. Tapi tunjukkan kepemimpinan Bupati, Gubernur dan seluruh perangkatnya untuk menangani masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung," papar Syamsul.

Relokasi bagi korban erupsi Gunung Sinabung akan dipercepat. Saat ini sudah terbangun 112 unit rumah dan pada akhir Agustus 2015 akan diselesaikan keseluruhan 370 unit rumah di Siosar. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.