Sukses

Kejagung Usulkan 5 Jaksa Jadi Calon Pimpinan KPK

Korps Adhyaksa mengusulkan 5 nama untuk ikut seleksi sebagai calon komisioner KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung meramaikan bursa calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Korps Adhyaksa ini mengusulkan 5 nama untuk ikut seleksi sebagai calon komisioner KPK.

"Kita lihat track record dan pengalaman kerja mereka," kata Jaksa Agung HM Prasetyo di Kantor Kejagung, Jakarta Selasa (23/6/2015).

Kelima nama tersebut yakni Sekretaris Badan Pendidikan dan Latihan Kejagung Joko Subadyo, Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan dan merangkap sebagai Jaksa Muda Pengawas (Jamwas) Kejagung Jasman Panjaitan. Jasman juga pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Kajati Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kapuspenkum Kejagung.

Selanjutnya ada Direktur Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung Sri Hariati. Ia pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung dan Kepala Kejaksaan Negeri Bandung, Jawa Barat. Lalu Kajati Sulawesi Selatan Suhardi yang sebelumnya menjabat Kajati Maluku Utara dan pernah menjadi Direktur Penuntutan pada Jampidsus.

Terakhir adalah Wakil Kajati Papua M Roem. Ia sebelumnya pernah menjabat Kajari Semarang, Jawa Tengah dan koordinator di pidana khusus.

Prasetyo menegaskan, sebelum mengusulkan kelima nama jaksa tersebut pihaknya sudah berkonsultasi dengan para jaksa senior, para purna tugas, para jaksa agung muda, dan para Kajati. Kelima nama tersebut layak dipertimbangkan mengisi kursi pimpinan lembaga antirasuah.

"Ini bukan calon titipan. Sekali lagi, tidak ada calon titipan. Yang kita usulkan itu track record-nya baik. Mereka layak dan patut ikuti seleksi komisioner KPK," jelas Prasetyo. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.