Sukses

Wakapolri Optimistis Perwira Polri Lolos Seleksi Pimpinan KPK

Polri telah mengajukan 2 nama perwira tinggi (pati) dan 1 purnawirawannya untuk maju sebagai bakal calon pimpinan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Polri telah mengajukan 2 nama perwira tinggi (pati) dan 1 purnawirawannya untuk maju sebagai bakal calon pimpinan KPK. Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan optimistis, satu dari ketiganya bakal lolos seleksi.

"Mudah-mudahan. Tergantung panselnya kan. Mudah-mudahan ada yang mewakili Polri," kata Budi di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Mantan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) itu menambahkan, sikap optimistis ini bukan tanpa alasan. Sebab, Polri memiliki penilaian tersendiri kepada dua perwira dan satu purnawirawan yang mendaftar jadi bakal calon pimpinan KPK itu.

"Kita punya penilaian kinerja. Tentu ada rekam jejak. Kita semua polisi saling kenal, kalau bilang enggak kenal enggak mungkin. Justru karena kenal kita tahu mana yang baik, mana yang enggak. Pasti yang terbaik yang kita kirim. Ya namanya untuk pertandingan," ucap Budi.

Pansel KPK membuka pendaftaran calon pimpinan pada 4-24 Juni 2015. Selanjutnya, Pansel akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan atas nama-nama pendaftar pada 27 Juni-26 Juli 2015. Lalu akan dilakukan proses seleksi dengan tes pembuatan makalah dan wawancara hingga didapatkan 8 nama.

Kedelapan nama yang akan dipilih ini nantinya bakal diserahkan ke Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015. Kemudian orang nomor satu di Indonesia itu akan meneruskan nama-nama tersebut ke DPR untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. (Ali/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.