Sukses

Permintaan Bung Karno Dimakamkan di Priangan Paling Populer

Berikut Top 5 News edisi Minggu 21 Juni 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Di Wisma Yaso, Sukarno menjalani hari-hari terakhirnya. Untuk soal lokasi makam, Sukarno sejatinya telah berwasiat. Dalam otobiografinya, Bung Karno menyatakan ingin dimakamkan, "di bawah pohon yang rindang, dikelilingi oleh alam yang indah, di samping sebuah sungai dengan udara segar dan pemandangan bagus. Aku ingin beristirahat di antara bukit yang berombak-ombak dan di tengah ketenangan. Benar-benar keindahan dari tanah airku yang tercinta dan kesederhanaan darimana aku berasal. Dan aku ingin rumahku yang terakhir ini terletak di daerah Priangan yang sejuk..."

Artikel mengenai permintaan Bung Karno dimakamkan di Priangan tersebut menyedot perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal News sepanjang Minggu 21 Juni 2015.

Sementara 4 berita lain, termasuk Presiden Jokowi mengganti akun Twitter, turut mencuri perhatian. Berikut ini Top 5 News selengkapnya:

1. Cerita Permintaan Bung Karno Dimakamkan di Priangan Tapi Ditolak

Minggu, 21 Juni 1970. Indonesia berduka dengan wafatnya Proklamator Ir Sukarno. Ia meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sukarno berada di rumah sakit itu sejak 16 Juni 1970 karena kondisi kesehatannya menurun drastis. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ia mengalami gangguan ginjal dan sejumlah komplikasi.

Beberapa bulan sejak lengser dari kursi kepresidenan, Sukarno tinggal di Wisma Yaso, Jakarta. Kini, Wisma Yaso menjadi Museum Satria Mandala.

Statusnya tahanan rumah. Ia tak boleh menerima tamu, kecuali anak-anaknya dan beberapa tokoh. Aparat militer menjaga dengan ketat.

Terselip kisah Gubernur DKI Jakarta saat itu Ali Sadikin ketika menengok Sukarno. Dalam pengamatan Ali, Wisma Yaso sangat kotor. Tak terurus. Debu di mana-mana.

Selengkapnya...

2. Jokowi Ganti Akun Twitter Saat HUT Ke-54, Lihat Tweet Perdananya

Tepat di hari ulang tahun yang ke-54, Presiden Joko Widodo atau Jokowi me-tweet melalui akun Twitter pribadinya, @jokowi. Ini adalah cuitan perdana Jokowi setelah dilantik menjadi Presiden ke-7 RI pada 20 Oktober 2014.

"Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw," tulis akun @jokowi, Minggu (21/6/2015) subuh.

Selengkapnya...

3. Jadi Saksi Pembunuhan Angeline, Margriet Ingin Pemeriksaan Tuntas

Margriet Megawe, ibu angkat Angeline, diperiksa penyidik di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Mapolda Bali, Sabtu 20 Juni 2015 sejak pukul 11.30 Wita hingga 18.30 Wita tanpa istirahat.

Dion Pongkor, pengacara Margriet mengaku kliennya itu meminta penyidik untuk segera menyelesaikan pemeriksaan terhadap ibu angkat Angeline tersebut.

"Sejak pukul 11.30 Wita klien kami diperiksa tanpa istirahat. Itu kemauan klien kami. Sebelum diperiksa klien kami makan dan usai diperiksa pun klien kami langsung makan," ucap Dion di Mapolda Bali, Kota Denpasar, Sabtu (20/6/2015) malam.

Selengkapnya...

4. 21-6-2004: Pesawat Luar Angkasa Komersial Pertama Belah Cakrawala

21 Juni 2004, sejarah terukir dalam dunia dirgantara. Bukan penerbangan di dalam Bumi, tapi ke luar angkasa. Hari itu menjadi titik awal bagi pesawat luar angkasa milik swasta.

Untuk yang kali pertama, pesawat yang dikembangkan bukan oleh badan resmi pemerintah, seperti NASA, membelah angkasa.

Seperti Liputan6.com kutip dari Space.com, pesawat luar angkasa komersial SpaceShipOne melakukan penerbangan pertamanya ke luar angkasa, tepatnya hingga ketinggian 62,5 mil atau 100 kilometer di atas permukaan Bumi, setelah tinggal landas dari Gurun Mojave di California, Amerika Serikat.

Selengkapnya...

5. Alasan Jokowi Kembali Aktif di Twitter

Setelah lebih dari 6 bulan menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo menulis tweet pertama pada akun resmi @jokowi saat sahur bersama keluarganya.

Tweet itu berbunyi, "Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw." Tweet pertama pada akun terverifikasi ini menjadi penanda Jokowi secara resmi kembali aktif di akun media sosial Twitter.

"Saya memang sudah cukup lama tidak aktif di Twitter. Di bulan suci Ramadan ini, saya terinspirasi untuk mulai aktif kembali. Selain untuk menyampaikan berbagai kegiatan dan pemikiran untuk bangsa, saya juga ingin mendapat masukan langsung dari masyarakat mengenai berbagai persoalan di lapangan yang mungkin luput dari perhatian pemerintah," ujar Jokowi melalui Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki.

Selengkapnya...

(Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini