Sukses

Cegah MERS, Menkes Larang Jemaah Haji Selfie dengan Unta

Dia juga mengimbau kepada calon jemaah untuk selalu menggunakan masker selama beribadah di Mekkah dan berperilaku hidup bersih.

Liputan6.com, Bogor - Bahaya Middle East Respiratory Syndrome (MERS) mengancam dunia. Sebanyak 24 orang meninggal di Korea Selatan akibat virus ini.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta calon jemaah haji asal Indonesia untuk tidak berfoto bersama unta.

"Ini saya titip kepada calon haji, pokoknya jangan foto-foto bareng unta. Jadi enggak ada lagi jemaah haji yang foto dengan unta. Soalnya kan MERS itu asalnya dari unta," kata Moeloek saat ditemui di acara peresmian Cataract Center di Bogor, Minggu (21/6/2015).

Menurut dia, penyakit MERS lebih mudah menyerang orang berusia lanjut. Sementara, mayoritas calon jemaah haji asal Indonesia berusia lanjut.

Dia juga mengimbau kepada calon jemaah untuk selalu menggunakan masker selama beribadah di Mekkah dan berperilaku hidup bersih.

"Kita ada KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) karantina untuk pencegahannya. Lalu kita jaga dengan scanner, kalau ada wisatawan yang ketahuan demam harus dilaporkan dan dalam waktu 14 hari harus kita observasi," tambahnya.

Sejauh ini, ia belum menerima laporan soal adanya orang Indonesia yang terjangkit MERS. Sedangkan, untuk seorang warga di Surabaya yang dilaporkan terjangkit MERS, hasilnya negatif.

MERS telah menyebar hingga Thailand. Virus ini pertama kali terdeteksi di Thailand pada seorang pria berusia 75 tahun yang berasal dari Oman dan sedang melakukan perjalanan ke Bangkok untuk pengobatan jantung. Pada Kamis, pria itu dipindahkan dari Rumah Sakit Internasional Bumrungrad ke fasilitas penyakit menular.

Kini, ada 175 orang yang dilaporkan terinfeksi MERS. Pemerintah Thailand mengklaim keadaannya terus membaik karena cepat mengisolasi korban. (Bob/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini