Sukses

370 Rumah Pengungsi Sinabung Ditargetkan Tuntas Agustus Nanti

Menurut Gubernur Sumut, untuk tahun pertama, 112 rumah selesai dibuat dan diserahkan kepada para pengungsi korban letusan Gunung Sinabung.

Liputan6.com, Kabanjahe - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Gatot Pujo Nugroho, mengecek lokasi pembangunan rumah untuk pengungsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kabupaten Karo. Kedatangan Gubernur Sumut pun disambut beberapa pejabat setempat.

Gatot hendak memastikan terlaksananya percepatan pembangunan rumah untuk sekitar 370 kepala keluarga pengungsi Sinabung. Untuk tahun pertama, 112 rumah selesai dibuat dan diserahkan kepada para pengungsi korban letusan Gunung Sinabung.

"Sedangkan yang dalam proses pembangunan 128 (rumah) dan sisanya ditargetkan (selesai) bulan Agustus," ucap Gubernur Gatot saat berdialog dengan para pengungsi yang menempati Posko Paroki di Jalan Irian, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sabtu (20/6/2015).

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya juga telah berdiskusi untuk izin pemakaian lahan pertanian.

"Jadi mulai besok pihak kehutanan sudah mulai ada penebangan, mudah-mudahan untuk saudara-saudara kita yang akan menempati rumah di relokasi segera bisa ditempati dengan efektif yakni bertempat tinggal dan bercocok tanam," beber Gatot.

Gubernur Sumut juga menyampaikan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Karo. Untuk itu pihaknya akan menggelar rapat koordinasi pada Selasa 23 Juni pekan depan dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional.

"Jadi kehadiran saat ini adalah untuk me-listing, untuk mentabulasi beberapa persoalan yang akan kami jadikan bahan untuk rapat koordinasi ke depan," ujar dia.

Bantuan Makanan

Selain itu, Gatot menyampaikan bahwa kehadirannya juga sekaligus membawa bantuan pemerintah provinsi kepada para pengungsi. "Kemarin Pemkab Karo melaporkan persediaan beras sudah mulai berkurang dan permohonan 100 ton beras, maka kami membawa 124 ton beras dan 400 kg gula, mudah-mudahan apa yang kami bawa bermanfaat."

Gatot menambahkan, pihaknya akan terus bekerja dan sudah ada perencanaan membuat Hunian Tetap Sementara di dekat tempat relokasi agar bisa lebih efektif.

Bupati Karo Terkelin Brahmana pun menyampaikan terima kasih atas kedatangan orang nomor satu di Provinsi Sumut ini. Sebab, kedatangan sang gubernur bisa memberikan semangat bagi warga Karo, khususnya para pengungsi Sinabung. (Ans/Wnd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini