Sukses

Gubernur Bengkulu Ajukan 24 Calon Plt Bupati ke Mendagri

Mereka akan mengisi kekosongan jabatan di 8 kabupaten hingga terpilih para bupati definitif dan gubernur melalui Pilkada serentak.

Liputan6.com, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah akan mengajukan 24 nama calon caretaker atau pelaksana tugas bupati untuk diseleksi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ke-24 nama itu akan disaring menjadi 8 nama dan ditetapkan menjadi caretaker bupati di 8 kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Nama yang ditetapkan Mendagri itu nantinya akan mengisi kekosongan jabatan di 8 kabupaten hingga terpilih para bupati definitif bersama gubernur yang akan dipilih melalui Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

Junaidi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan nama-nama calon caretaker guna menduduki jabatan sebagai kepala daerah di 8 kabupaten yaitu Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Seluma, Rejang Lebong, Kaur, Lebong dan Kepahiang.

"Jabatan para bupati itu berakhir tidak serempak, terakhir adalah pada bulan Agustus. Sementara proses pendaftaran calon gubernur dan bupati adalah tanggal 26 hingga 28 Juli 2015. Aturannya paling lambat 15 hari sebelum berakhir, nama-nama ini sudah diajukan," ujar Junaidi di Bengkulu, Jumat (19/6/2015).

Nama para calon caretaker itu sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN), harus memenuhi syarat dan golongan kepangkatan minimal IV B dan pernah menjabat sebagai pejabat eselon II di minimal 2 instansi atau dinas yang berbeda.

Gubernur berharap, pihak Kementerian Dalam Negeri bisa memproses ini secara cepat agar tidak terjadi kekosongan jabatan di tingkat kepala daerah khususnya di 8 kabupaten. "Nama-nama itu sudah ada dan akan kita ajukan secara bersamaan," sambung Junaidi.

Beberapa orang bupati yang habis masa jabatannya itu sudah menjabat sebanyak 2 periode, yaitu Bupati Mukomuko Ichwan Yunus, Bengkulu Utara Imron Rosyadi, Bupati Kepahiang Bando Amin, dan Bupati Rejang Lebong Suherman.

Mereka saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan dukungan partai politik untuk bisa melenggang menjadi calon Gubernur Bengkulu. Sedangkan Bupati Lebong Rosjonsyah Syahili, Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi dan Bupati Seluma Bundra Jaya akan kembali bertarung menjadi calon bupati kembali.

Sementara Bupati Kaur Harmen Malik disebut-sebut akan menjadi kandidat calon wakil gubernur Bengkulu. Adapun Wakil Bupati Kaur Yulis Sutri akan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Kaur untuk periode 5 tahun mendatang. (Ans/Tho)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.