Sukses

Perguruan Tinggi Islam Internasional Akan Dibangun di Indonesia

Perguruan Tinggi ini nantinya hanya melayani mahasiswa yang ingin mengambil post-graduate atau khusus S2 dan S3.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pemerintah Indonesia berencana membangun perguruan tinggi (PT) Islam berskala internasional. PT ini diharapkan dapat menjadi pusat studi yang menerapkan ilmu Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"Indonesia semestinya juga memiliki sebuah perguruan tinggi berskala internasional yang mampu untuk menjadi salah satu model atau rujukan bagi dunia untuk mempelajari Islam dan bagaimana nilai-nilai Islam itu dapat terimplementasi dalam kehidupan keseharian," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

PT ini nantinya hanya melayani mahasiswa yang ingin mengambil post-graduate atau khusus S2 dan S3. Untuk S1 akan menjadi urusan PT Islam lainnya, ‎seperti Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Universitas Islam Negeri (UIN).

Pembangunan PT ini masih dalam tahap rencana awal. Kementerian Agama baru saja membentuk sebuah tim yang beranggotakan tokoh masyarakat, akademisi, dan tokoh Islam.‎ Lokasi pembangunan juga belum ditentukan.

Terkait anggaran, pemerintah masih‎ berusaha mencari landasan hukum. Lukman menuturkan JK sedang mempertimbangkan untuk menerbitkan Keppres untuk anggaran.

"‎Yang pasti sama sekali tidak akan mengganggu anggaran yang selama ini dialokasikan untuk PT Islam negeri,seperti STAIN, IAIN, UIN, agar ini tidak mengusik sama sekali anggaran mereka, karenanya harus dicarikan sumber lain," terang Lukman.

‎Untuk tenaga pengajar, Lukman menyatakan, PT ini akan mengajak sejumlah guru besar baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini