Sukses

Menag: Umat Islam Serentak Memasuki Awal Ramadan

Sidang isbat penentuan 1 Ramadan dihadiri sejumlah organisasi masyarakat, termasuk Muhammadiyah dan MUI.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyatakan 1 Ramadan 1436 Hijriah jatuh pada Kamis 18 Juni 2015. Keputusan tersebut diambil setelah Kementerian Agama menggelar sidang isbat yang dihadiri sejumlah organisasi masyarakat, termasuk Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, semua pihak yang hadir dalam sidang sore ini semuanya sepakat dalam penetapan 1 Ramadan 1436 Hijriah.

"Semua sepakat. Karenanya dengan hasil ini umat Islam memasuki Ramadan atau puasa di Indonesia bisa dilakukan serentak bersama-sama. Mudah-mudahan, ini cerminan bahwa kebersamaan antarumat Islam bisa kita bangun dari waktu ke waktu, dari hari ke hari, sehingga berbagai persoalan bisa disikapi dan dijalani bersama-sama," ujar Lukman dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Agama, Selasa (16/6/2015).

Lukman mengatakan, saat sidang, didengar laporan dari 36 pelaku rukyat yang ditugasi Kemenag dari Barat sampai Timur Indonesia. Hasilnya, tidak ada satu pun yang melihat hilal.

"Atas dasar itulah, maka seluruh peserta sidang sepakati karena saat ini hilal tidak tampak, maka bulan Sya'ban saat ini dilengkapkan jadi 30 hari," kata Lukman. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini