Sukses

Menag: Sidang Isbat Dimulai Usai Magrib

Sebelum sidang isbat, Lukman menuturkan, pakar astronomi dari Kementerian Agama akan memaparkan kondisi hilal atau bulan baru terkini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agama siap menggelar sidang isbat atau penentuan awal Ramadan 1436 H hari ini. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sidang ini akan dimulai setelah magrib atau sekitar pukul 19.00 WIB.

"‎Kita salat magrib bersama-sama, setelah salat magrib kita memulai sidang isbat," kata Menag, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (16/2/2015).

Sebelum sidang isbat dimulai, Lukman menuturkan, pakar astronomi dari Kementerian Agama akan memaparkan kondisi hilal atau bulan baru terkini, di wilayah RI dan di negara lain yang berdekatan.

Politisi PPP ini mengatakan, suasana sidang isbat nanti akan dinamis dan berlangsung tertutup. "‎Kalau ada yang melihat hilal, maka tentu besok sudah masuk 1 Ramadan. Tapi kalau tidak ada yang lihat, kita akan mendengar peserta sidang isbat nanti seperti apa," tandas Lukman.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) telah melakukan hisab atau penghitungan penentuan awal Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Hasilnya, Muhammadiyah memutuskan, awal atau 1 Ramadan jatuh pada Kamis 18 Juni 2015, dan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Jumat 17 Juli 2015. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini