Sukses

Ahok Ziarahi Makam Pemimpin Jakarta Era Kemerdekaan

Pengorbanan para pahlawan itu, lanjut Ahok, merupakan sebuah pengingat bagi dirinya untuk melaksanakan amanat konstitusi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berziarah ke makam pahlawan di Tamam Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Ada 5 makam diziarahi gubernur yang akrab disapa Ahok itu.

Kelima makam itu yakni makam Gubernur DKI Jakarta ke-12 Letjen TNI (Purn) Wiyogo Atmodarminto, Walikota Jakarta ke-5 Sudiro Hardjodisastro, Walikota Jakarta Raya ke-1 dan ke-3 Raden Suwiryo, Pahlawan Nasional Ahmad Yani, dan Wakil Presiden RI ke-5 Soedharmono.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, tugasnya memimpin dan melaksanakan pembangunan di Jakarta saat ini jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan yang telah dilakukan para pendahulunya dan juga yang dilakukan para pejuang kemerdekaan. Mereka, ucap Ahok, memimpin Jakarta sambil mempertahankan kemerdekaan.

"Perjuangan saya tidak sampai berkorban darah apalagi nyawa," ujar Ahok di Taman Makam Kalibata, Selasa (16/6/2015).

Ahok pun mengaku terharu dengan pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Pengorbanan para pahlawan itu, lanjut Ahok, merupakan sebuah pengingat bagi dirinya untuk melaksanakan amanat konstitusi, mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Makanya apa yang selalu kami usahakan itu adalah bagaimana caranya membuat kepala, perut, dan dompet rakyat itu penuh. Kami selalu menyiapkan kebijakan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan rakyat," tegas Ahok.

Ahok berziarah ke TMP Kalibata dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jakarta. Ziarah ini merupakan agenda tahunan yang tak pernah dilewatkan Ahok. Dalam ziarah kali ini, Ahok didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sekretaris Daerah DKI Saefullah, ratusan pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Juga turut dalam rombongan, Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus.

Ziarah dilakukan setelah Ahok memimpin apel serta prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Ziarah ditandai dengan doa dan tabur bunga di makam para pahlawan.

Di makam, Ahok dan rombongan bertemu keluarga mantan Wakil Presiden Soedharmono yang juga sedang berziarah. Juga bertemu beberapa mantan pegawai Walikota Jakarta Raya ke-1 dan ke-3 Raden Suwiryo. Dari mereka, Ahok mendapat sebuah buku biografi Pemimpin Jakarta era Pemerintahan Sukarno itu. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini