Sukses

Tentara Korut Membelot Korsel

tentara yang namanya dirahasiakan itu menyebarang ke Korsel melewati zona militer berbahaya.

Liputan6.com, Seoul - Peristiwa mengejutkan terjadi di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Seorang Tentara Korut dilaporkan telah menyeberang ke Korsel.

Dari keterangan Kementerian Pertahanan Korsel, tentara yang namanya dirahasiakan itu menyebarang untuk membelot dari kekejian Korut.

"Tentara itu menyeberangi jalur demarkasi militer di Timur Provinsi Gangwon, Korea Utara," sebut seorang pejabat Pertahanan Korsel, seperti dikutip dari CNN, Senin (15/6/2015).

Meski mengonfirmasi berita tersebut, pejabat itu menolak memberi keterangan lebih lanjut. Mereka hanya mengatakan tentara tersebut saat ini tengah diperiksa secara mendalam.

Selama bertahun-tahun, ribuan warga Korut kabur ke Korsel. Namun, sangat jarang yang menggunakan jalur perbatasan langsung.

Banyak yang beralasan jalur tersebut sangat berbahaya karena dilingkupi zona militer. Kebanyakan, para warga Korut lari ke Korsel menggunakan perbatasan China.

Sementara wilayah perbatasan Korsel dan Korut dinilai sebagai daerah zona militer paling berbahaya di dunia. Sebab, secara teknis kedua negara bersaudara ini masih terlibat perang.

Hal ini karena perang Korea yang berlangsung pada 1950-1953 hanya diakhiri dengan gencatan senjata. Tanpa adanya perjanjian damai resmi.

Saking sensitifnya zona tersebut, pada 2012 ketika ada tentara Korsel yang tak sengaja masuk di wilayah tersebut, Pemerintah Korut langsung murka. Mereka menuntut Korsel menyampaikan permintaan maaf terbuka kepada publik. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini