Sukses

Wagub Djarot Minta Perayaan HUT DKI 2016 Berskala Internasional

Djarot ingin penyelenggaraan semua acara dalam menyambut HUT DKI Jakarta sudah disiapkan sejak 6 bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai acara dibuat dalam menyambut HUT ke-488 DKI Jakarta. Tapi, hanya beberapa perhelatan yang berhasil menarik perhatian masyarakat Ibukota. Di antaranya penyelenggaraan Jakarta Carnaval (Jakarnaval) beberapa waktu lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun curhat soal acara tersebut.

"Jakarnaval itu hanya menarik warga Jakarta doang, belum dari nusantara dan internasional," tutur Djarot usai membuka Festival Kuliner Nusantara, di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (14/6/2015).

Djarot ingin penyelenggaraan semua acara dalam menyambut HUT DKI Jakarta sudah disiapkan sejak 6 bulan. Sehingga promosi dan sosialisasi lebih maksimal, dan animo masyarakat, baik domestik maupun internasional meningkat.

"Tahun depan harus dievaluasi, disempurnakan lagi, dan masuk agenda HUT Jakarta dengan lebih besar lagi. DKI ini harusnya skalanya internasional, bukan nasional saja. Maka perlu perencanaan yang matang, makannya kita perlu evaluasi semua kegiatan HUT," pungkas Djarot.

Menyambut HUT DKI Jakarta ke-488, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarnaval 2015 di Silang Monas, Jakarta, Minggu 7 Juni.

Mengusung tema 'Gempita Jakarta', Jakarnaval 2015 menggambarkan keberagaman dan warna-warninya kehidupan komunitas yang ada di Jakarta yang inspiratif, terdepan, dan inovatif.

Beragam komunitas seni, budaya, dan hobi ikut meramaikan acara Jakarnaval 2015. Mulai dari pawai 20 kendaraan mobil hias dari para SKPD, BUMN, BUMD dan pihak swasta. Mobil-mobil ini dihias sedemikian rupa untuk mewakili identitas mereka.

Sebanyak 35 komunitas hobi dan seni budaya yang ada di Jakarta juga turut menjadi peserta Jakarnaval. Mulai dari marching band Remaja Mesjid Istiqlal, kesenian khas Jawa Timur, Reog Ponorogo, Tari Kupu-kupu khas Bangka Belitung Timur, atraksi Barongsai, dan budaya khas Betawi, Ondel-ondel.

Acara rutin yang sudah digelar beberapa tahun ini juga diramaikan dengan komunitas motor Indonesia, komunitas mobil-mobil antik, komunitas yang menampilkan kostum para pejuang Indonesia, hingga kelompok agama. Selain memberikan tempat kepada komunitas seni dan budaya untuk berekspresi dan mengeluarkan kreativitasnya, Jakarnaval 2015 juga menjadi forum sosialisasi keberhasilan pembangunan yang ada di Jakarta.

Di acara ini, para pengunjung juga dapat melihat pawai mobil hias dengan model Rusunawa, Kartu Jakarta Pintar, BOS, wisata kota Tua dan Monas, Dinas Pemuda dan Olahraga yang mempromosikan Jakarta untuk PON XIX 2016 dan Asian Games 2018.

Pawai kendaraan hias dan penampilan para peserta Jakarnaval diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakilnya, Djarot Saiful Hidayat yang ditandai dengan menabuh senar drum. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.