Sukses

Didampingi Istri, JK Ikut Jalan Sehat Donor Darah Sedunia

Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas peserta jalan sehat dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas peserta jalan sehat dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2015. Aksi ini dilaksanakan di Lapangan Silang Monas sisi Barat, Jakarta.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang karib disapa JK tiba di Monas sekitar pukul 07.00 WIB. Turun dari mobil dinas RI 2, JK tampak didampingi sang istri Mufida Kalla yang tampak sederhana mengenakan pakaian olahraga pink dengan kerudung putih.

JK yang mengenakan kaos abu-abu lalu naik ke panggung untuk melepas 1.000 peserta jalan sehat yang berasal dari staf PMI, relawan, pendonor darah, komunitas pemerhati donor darah. Kibaran bendera start yang diayun JK menandakan jalan sehat dimulai.

Menurut jadwal, JK hanya membuka acara. Tapi, setelah seluruh peserta melintas di hadapannya, JK turun dari panggung dan ikut bersama peserta berjalan kaki.

Jalan sehat ini dimulai dari Monas menuju Sarinah dan kembali lagi ke Monas. JK tampak santai saja menyusuri jalan MH Thamrin yang sepi dari kendaraan bermotor. Mufida juga tampak setia mendampingi di sisi kiri JK.

Keduanya terlihat kompak dalam menjalani kegiatan ini. Pria yang sudah menginjak usia 72 tahun itu tak terlihat kelelahan, bahkan senyum dan tawa khasnya selalu terlihat. Sesekali, Mufida mengeluarkam handuk kecil putih dari tas pinggang coklat yang sedari tadi melingkar. Handuk itu lalu digunakan JK untuk menyeka keringat yang mengucur di dahinya.

>>Curi-curi Selfie>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Curi-curi Selfie

Curi-curi Selfie

Jalan sehat yang diikuti JK sontak menarik perhatian warga yang sedang berolahraga saat car free day (CFD) di kawasan Jalan Jenderal Sudirman. Tak jarang, warga berebut mengambil foto sang wapres sambil berjalan.

Paspampres yang berjaga di sekitar rombongan dibuat bekerja ekstra karena banyak warga yang ingin berfoto.

Bahkan sejumlah warga sengaja sudah berpose sebelum rombongan JK menghampirinya. Setelah mendekat, mereka langsung mengambil beberapa frame foto.

"Wah Pak JK itu. Foto yuk, selfie nggak apa-apa," ujar warga yang sibuk dengan ponselnya.

Wapres JK jalan sehat dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2015. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

Aksi itu terjadi berkali-kali sepanjang perjalanan. Tak jarang, Paspampres harus meminta warga untuk menjauh dari rombongan.

Melihat aksi warga itu, JK hanya tersenyum. Sesekali, dia melambaikan tangan kepada warga yang terus memanggilnya dari kejauhan.

Jalan sehat ini dilaksanakan dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia 2015. Mengambil tema 'Terima Kasih Telah Menyelamatkan Hidupku', 1.000 peserta berpartisipasi dalam jalan sehat ini.

Selain itu, JK juga menerima sumbangan mobil donor darah dari PT Freeport Indonesia. Dia juga membunyikan terompet sebagai tanda pencanangan gerakan donor darah di desa. (Mut/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.