Sukses

Amerika Serikat Pindahkan 6 Tahanan Guantanamo ke Oman

Dalam masa kampanye presiden 2008 lalu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama berikrar menutup Penjara Guantanamo di Kuba.

Liputan6.com, Kuba - Aparat Amerika Serikat memindahkan 6 tahanan Penjara Guantanamo di Kuba ke Oman. Keenam tahanan itu terdiri dari Idris Ahmad Abd Al Qadir Idris, Sharaf Ahmad Muhammad Masud, Jalal Salam Awad Awad, Saad Nasser Moqbil Al Azani, Emad Abdallah Hassan, dan Muhammad Ali Salem Al Zarnuki.

Seperti dilansir BBC, Sabtu 13 Juni 2015, mereka telah ditahan selama bertahun-tahun di Guantanamo. Emad Abdullah Hassan, misalnya, mendekam sejak 2002 tanpa dikenai dakwaan atas kejahatan apa pun.

Kepindahan keenam pria itu adalah yang kedua sepanjang tahun ini. Sebelumnya, pada Januari lalu, Pentagon mengumumkan telah mengalihkan 4 tahanan ke Oman dan seorang lainnya ke Estonia.

Kemudian pada 2014, sebanyak 14 tahanan dipindahkan. Kongres melarang mereka dialihkan ke daratan AS, sehingga mereka ditransfer ke negara lain, dari Kazakshtan hingga Uruguay.

Dalam masa kampanye presiden 2008 lalu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama berikrar menutup Penjara Guantanamo di Kuba. Namun, upaya itu gagal lantaran dibendung Kongres AS.

Meski demikian, pemerintah AS mengklaim Obama dapat mengurangi setengah dari keseluruhan penghuni Guantanamo. Dengan kepindahan 6 orang ke Oman, penjara itu kini menampung 116 tahanan. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.