Sukses

Jalan Sehat Bung Karno Ramaikan CFD di Bundaran HI Pagi Ini

Acara ini tidak hanya diikuti pecinta Bung Karno. Masyarakat umum yang biasa berolahraga saat car free day juga bisa ikut bergabung.

Liputan6.com, Jakarta - Juni menjadi bulan yang spesial bagi Bapak Proklamator Indonesia, Sukarno. Dalam memperingati berbagai peristiwa sejarah Bung Karno, Jalan Sehat Bung Karno Bapak Bangsa digelar.

Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Abidin Fikri mengatakan, berbagai peristiwa yang sangat penting bagi Indonesia dan Sukarno terjadi pada bulan Juni.

1 Juni 1945 Bung Karno menyampaikan pidato mengenai dasar negara dengan meletakkan 5 prinsip dasar dalam UUD 45. 6 Juni merupakan hari lahirnya Bung Karno dan tanggal 21 Juni merupakan hari wafatnya Bung Karno.

"Untuk itu, jalan sehat ini akan digelar Minggu, 14 Juni 2015 di Bundaran Hotel Indonesia, dimulai pukul 06.00 WIB," kata Abidin di Jakarta, Sabtu 13 Juni 2015.

Acara ini tidak hanya diikuti oleh para pecinta Bung Karno. Abidin mengatakan, masyarakat umum yang biasa berolahraga saat car free day (CFD) juga bisa ikut bergabung.

"Lewat jalan sehat ini, kami ingin membangun kembali rasa nasionalisme di tengah masyarakat. Bangsa Indonesia seharusnya dapat melanjutkan semangat dan perjuangan Bung Karno, apalagi ketokohannya juga diakui dunia," imbuh dia.

Sementara, Panitia Pengarah Bulan Bung Karno Prananda Prabowo mengatakan, dengan peringatan ini masyarakat diharapkan tidak hanya mengingat jasa Bung Karno. Ajaran dan semangat juang Sang Proklamator juga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Meningkatkan serta membangun kembali memori kolektif publik terhadap sosok seorang Bung Karno sebagai Bapak Bangsa," tegas Prananda. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini