Sukses

WHO: Wabah MERS di Korea Selatan Besar dan Kompleks

Untuk mencegah penularan, pemerintah Korsel memutuskan untuk menutup 2.900 sekolah dan mengarantina sedikitnya 3.680 orang.

Liputan6.com, Seoul - Wabah MERS (Middle East Respiratory Syndrome) di Korea Selatan (Korsel) besar dan kompleks. Karena itu, menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), kasus-kasus baru harus diantisipasi.

Berbicara di Seoul setelah selama seminggu melakukan penyelidikan, Keiji Fukuda selaku Asisten Direktur Jenderal untuk Keamanan Kesehatan WHO mengatakan pihaknya tidak memiliki bukti bahwa penularan virus MERS tengah berlangsung di Korsel.

Meski demikian, dia mendesak pemerintah Korsel untuk mempertahankan pengawasan yang ketat, termasuk melacak siapa saja yang pernah bersentuhan dengan pasien MERS sekaligus memberlakukan larangan perjalanan terhadap pasien yang diduga mengidap MERS.

"Karena wabah ini besar dan kompleks, kasus-kasus baru harus diantisipasi," kata Fukuda, yang merupakan dokter spesialis wabah influenza, seperti dikutip BBC, Sabtu 13 Juni 2015.

Berdasarkan pemantauan WHO, terdapat sejumlah faktor yang berkontribusi pada wabah MERS di Korsel, antara lain jumlah pasien di bangsal rumah sakit dan ruang gawat darurat terlalu banyak, kebiasaan dokter yang berkunjung ke banyak tempat, dan keterbatasan pengenalan dokter akan virus MERS.

Sejauh ini sebanyak 14 pasien telah meninggal dunia dan 138 lainnya telah terjangkit virus MERS di Korsel. Untuk mencegah penularan, pemerintah Korsel memutuskan untuk menutup 2.900 sekolah dan mengarantina sedikitnya 3.680 orang.

Lebih jauh, Bank sentral Korea Selatan telah memangkas suku bunga 0,25 poin menjadi 1,5%. Langkah ini dilihat sebagai upaya membendung jatuhnya ekonomi karena wabah MERS di Korea Selatan. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MERS (middle east respiratory syndrome) merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang saluran napas bawah.

    MERS

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • who