Sukses

Bergejolak, Gunung Sinabung Terus Semburkan Awan Panas

Akibat luncuran awan panas dengan ketinggian seribu meter ini, diperkirakan hujan abu ini mencapai wilayah pusat Kota Berastagi.

Liputan6.com, Medan - Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus bergejolak. Hingga sore ini, luncuran awan panas yang disemburkan dari gunung dengan ketinggian 2.460 itu 11 kali.

"Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung terus terjadi. Hingga sore tadi, sudah meluncurkan awan panas 11 kali," ujar Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Armen Putra, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (13/6/2015).

Armen menjelaskan, luncuran awan panas yang keluar dari Gunung Sinabung tercatat sekitar pukul 00.00 WIB hingga pukul 17.01 WIB dengan mengarah ke tenggara.

"Berdasarkan amatan kita, luncuran awan panas kali ini mengarah ke tenggara mencapai 3 kilometer, dengan ketinggian seribu meter dengan durasi 58 menit," jelas dia.

Sementara akibat luncuran awan panas dengan ketinggian seribu meter ini, kata Armen, diperkirakan hujan abu tersebut mencapai wilayah pusat Kota Berastagi.

"Dengan ketinggian abu yang mencapai 1.000 meter diperkirakan abu vulkanik ini sampai ke Berastagi. Namun begitu, kita tetap akan melakukan evaluasi," ungkap dia.

Hingga saat ini, status Gunung Sinabung masih berstatus Awas. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah merekomendasikan agar penduduk dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Pasca-naiknya status Gunung Sinabung menjadi Awas pada Selasa 2 Juni malam, sekitar 2.727 warga yang berdomisili di radius 7 Kiolometer di selatan-tenggara Gunung Sinabung dievakuasi ke Kabanjahe. (Rmn/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini