Sukses

Jaringan Tersambar Petir, Listrik di Aceh Sempat Padam 17 Jam

Seluruh PLTU tersebut, kata Rusdi, menanggung beban energi listrik untuk wilayah Aceh-Sumut.

Liputan6.com, Meulaboh - Sekitar 4,5 juta jiwa penduduk Aceh kegelapan 17 jam, akibat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang merupakan interkoneksi jaringan listrik Aceh-Sumut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Seuneubok, disambar petir.

"Suplai arus listrik seluruh Aceh terganggu, karena di sini merupakan jaringan interkoneksi transmisi dari Sumut-Aceh. Jadi kalau satu terganggu, otomatis kita tidak bisa suplai arus," kata Humas PT PLN (Persero) area Meulaboh, Rusdi, di Meulaboh, Sabtu (13/6/2015).

Rusdi mengatakan, PLTD Seuneubok sudah diperbaiki. Namun pihaknya masih menunggu perbaikan tower di Peureulak, Aceh Timur.

Rusdi menjelaskan, kerusakan mesin PLTD Seuneubok, Aceh Barat, menyebabkan suplai arus ke wilayah pantai barat seperti Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya dan Simeulue, terganggu.
 
Sementara wilayah utara dan timur Aceh suplai arus terganggu karena terputusnya kabel transmisi tower di Peureulak Aceh Timur.

Faktor alam ini terjadi dalam waktu bersamaan pada Jum'at kemarin sekitar pukul 18.45 WIB. Sehingga suplai arus untuk transmisi Aceh-Sumut terganggu.

Hingga Sabtu siang, kata Rusdi, suplai arus listrik belum normal, meskipun ada sebagian daerah yang sudah dialiri tetapi hanya bersifat sementara.

"Sampai siang ini masih ada sebagian wilayah yang padam, mungkin nanti kita gilir. Karena kita tunggu PLTU di Suak Puntong Nagan Raya milik PT PLN yang merupakan transmisi interkoneksi dengan sejumlah PLTU lain di wilayah Sumut," kata dia.

Seluruh PLTU tersebut, kata Rusdi, menanggung beban energi listrik untuk wilayah Aceh-Sumut.

Menurut Rusdi, untuk jaringan interkoneksi wilayah Aceh di titikberatkan ke PLTU di Nagan Raya, mewakili Aceh. Karena itu, apabila ada unit PLTD Seuneubok di wilayah Aceh terganggu dalam pemeliharaan PLTU, maka berimbas ke seluruh wilayah barat selatan Aceh.

"PLTU di Nagan Raya itu mewakili Aceh menanggung beban energi untuk wilayah Aceh-Sumut. Jadi kalau daerah kita bermasalah bisa berimbas kepada daerah lain di Aceh," kata Rusdi.

Rusdi menambahkan, PLTU di Nagan Raya masih dalam upaya pemeliharaan. Kegiatan suplai arus belum dapat dilakukan karena PLTD Seuneubok belum normal. Apabila dipaksakan tetap saja sumber energi tidak cukup tanpa ada dukungan tenaga dari PLTU wilayah Sumut. (Ant/Rmn/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini