Sukses

Kala Tamu Gibran-Selvi Serbu Toko Batik di Solo

Dari relawan, masyarakat biasa, sampai pejabat sengaja datang dan membeli buah tangan di toko batik itu.

Liputan6.com, Solo - Pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda membawa berkah hingga berkilo-kilometer radiusnya. Seperti Toko Joglo Ria Batik.

Toko ini berada jauh dari lokasi resepsi Gibran-Selvi di Gedung Graha Saba Buana. Jika Graha Saba Buana terletak di Jalan Letjen Suprapto, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, maka Ria Batik berada di Jalan RM Said. Jaraknya kira-kira lebih dari 4 kilometer atau sekitar 20 menit jika ditempuh dengan sepeda motor.

Meski jauh, bukan berarti Toko Ria Batik tidak kebagian berkah dari pernikahan Gibran-Selvi. Sebab banyak tamu undangan yang ternyata sudi mampir ke toko tersebut. Dari relawan, masyarakat biasa, sampai pejabat sengaja datang dan membeli buah tangan di sana.

"Mereka mampir sekalian lewat. Belanja apa saja, dari kain batik, sampai pakaian‎ jadi," kata penjaga toko Surahmin saat berbincang dengan Liputan6.com di Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/6/2015).

Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto juga datang ke toko tersebut. Surahmin menuturkan, mantan Panglima ABRI (Pangab/Panglima TNI) itu membeli kain batik dengan total 15 meter.

"Harganya tiap meter beda-beda. Pak Wiranto kemarin ambil 5 bahan dengan motif yang beda-beda. Bahannya semi sutra. Totalnya 15 meter," ujar Suharmin.

Surahmin mengakui berkah pernikahan Gibran-Selvi itu. Meski kenaikan omzet tidak terlalu signifikan seperti yang terjadi pada Hari Raya Idul Fitri.

"Pernikahan Gibran-Selvi ngaruh ke omzet. Tapi sedikit. Beda kalau Lebaran," ujar dia.

Selanjutnya: Rental Mobil Laris Manis...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rental Mobil Laris Manis

Rental Mobil Laris Manis‎

Selain batik, pernikahan Gibran dan Selvi juga membuat rental penyewaan mobil laris manis.‎ Salah satunya Satria Rent Car.

Seorang sopir di rental tersebut, Ari Aprianto mengakui, 3-5 hari menjelang hari H, semua mobil yang ada di Satria Rent Car sudah penuh di-booking.

"Sudah dari 3-5 hari sebelumnya sudah di-booking. Tapi di sini minimal sewa untuk 3 hari," ujar pria berusia 36 tahun ini.

Ari yang sudah bekerja sebagai sopir di rental selama 5 tahun tersebut mengakui, harga sewa mobil naik jadi 10 persen dari hari biasanya. Harga sewa naik 10 persen itu dinilai wajar jika ada momen-momen tertentu, seperti pernikahan putra Jokowi.

"Bahkan kalau Lebaran naik 100 persen," ujar Ari.

Ari mengaku membawa staf-staf dari Kementerian Kehutanan dan Badan Intelijen Negara (BIN). Staf-staf itu datang lebih awal sebelum Menhut Siti Nurbaya dan Kepala BIN Letjen TNI Purn Marciano Norman menghadiri resepsi.

"Saya nganter staf-staf Kemenhut, sama orang-orang dari Deputi BIN. Mereka kan datang lebih dulu buat ngecek lapangan. Yang bawa Menhut sama Kepala BIN itu teman saya," pungkas Ari. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini