Sukses

Lintas Marga: Cikapali Mengisi 'Missing Link' Tol Trans Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Bila tak ada aral melintang, menjelang bulan Ramadan, Presiden Jokowi bakal meresmikan Jalan Tol Cikampek-Palimanan atau Cikapali. Memiliki panjang 116,75 kilometer, Tol Cikapali akan menjadi jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia.

"Bapak Presiden (Jokowi) direncanakan akan meresmikan Jalan Tol Cikampek-Palimanan ini kira-kira sebelum masuk bulan Ramadan," ucap Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto saat berbincang dengan Liputan6.com, beberapa hari lalu.

Pengoperasian Tol Cikapali diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara atau Pantura. Serta akan menghemat waktu perjalanan para pemudik yang melewati jalur Jakarta-Cirebon saat menjelang Lebaran.

Sebab, jalan tol yang dibangun PT Lintas Marga Sedaya ini akan memangkas jarak Cikampek-Palimanan hingga 40 kilometer ketimbang Anda lewat jalur Pantura. Tol ini juga menjadi penghubung Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Palimanan-Pejagan yang selama ini sudah beroperasi.

"(Tol Cikapali) Ini seperti mengisi 'missing link' mata rantai terputus di tengah Tol Trans Jawa, terutama wilayah Jawa Barat," imbuh Hudaya.

Simak selengkapnya wawancara khusus Gesit Prayogi dan Andi Jatmiko dari Liputan6.com dengan Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto, dalam video di bawah ini.

(Gst/Ndw/Ans/Mut)