Sukses

Keracunan Miras di Kalimantan Barat, 6 Warga Tewas

Selain 6 yang meninggal, terdapat 6 warga lainnya yang harus menjalani perawatan intensif di RSUD Sanggau

Liputan6.com, Sanggau - 6 Warga di Dusun Serosat, Desa Hibun, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat meninggal dunia pada Kamis 11 Juni 2015. Mereka diduga keracunan minuman keras jenis arak.

"Ya, dugaan sementara keracunan miras. Untuk dari Serosat itu ada 12 orang warga. 6 di antaranya meninggal dunia, lalu sisanya masih mendapatkan perawatan intensif di RSUD Sanggau," ujar terang Kasat Reskrim Polres Sanggau AKP Dharma Siregar melalui Kaur Bin Ops Ipda Sapja di RSUD Sanggau, pada Jumat (12/6/2015).

Dari 6 korban itu, 2 di antaranya sempat dilarikan ke RSUD Sanggau. Namun, nyawa mereka tidak tertolong. Sedangkan 4 lainnya meninggal di rumah masing-masing yang berada di dusun tersebut.

Sapja mengatakan, Polres Sanggau terus mendalami dan melakukan penyelidikan serta penyidikan atas kejadian itu. Selain 6 yang meninggal, terdapat 6 warga lainnya yang harus menjalani perawatan intensif di RSUD Sanggau serta belasan lainnya mendapatkan penanganan rawat jalan.

"Ada sekitar 12 orang datang, untuk cek kesehatan mereka. Setelah itu mereka pulang, kondisinya masih terlihat sehat," kata dia.

Khatarini (42), istri salah seorang korban berinisial AA (39) yang meninggal menceritakan, pada Rabu 10 Juni, suaminya bersama rekan-rekan lainnya seperti biasa berkumpul. Mereka berbicara sambil menenggak arak.

Keesokan harinya, sang suaminya hanya tidur sejak pagi hingga sore menjelang malam. Khatarina saat itu berada di rumah orangtuanya tidak jauh dari tempat tinggal mereka.

Tak lama kemudian, ayahnya meminta untuk memanggil suaminya AA, agar berkumpul ke rumahnya orangtuanya.

"Sesampai di rumah orangtua saya itu. Lalu suami duduk, saat duduk itulah suami saya lalu muntah-muntah. Kemudian, karena terlihat cukup parah, maka kami memanggil perawat dan diperiksa, disarankan harus dirujuk. Makanya, kami bawa ke RSUD Sanggau ini," kenang dia.

Setelah mendapatkan perawatan intensif di RSUD Sanggau beberapa jam, wajah AA terlihat pucat dan merasa sakit. AA tidak tertolong dan menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 22.50 WIB.

Menurut data di Polres Sanggau, nama-nama korban yang meninggal yakni Dus (50), Kyg (53), Ags (40), Jsy (25), Stj (59), dan AA, (39). (Ant/Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini