Sukses

Ahok Pengaruhi Jokowi Pilih Sutiyoso Jadi Calon Kepala BIN?

Pemilihan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau Bang Yos sebagai Kepala BIN menuai kontroversi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau Bang Yos sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menuai kontroversi. Banyak yang menilai, keputusan itu diambil Presiden Jokowi sebagai balas budi.

Namun ada pula yang menilai penunjukan itu tak lepas dari saran dan lobi dari Gubernur DKI Jakarta Ahok. Namun hal ini dibantah pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu.

"Loh kok nuduh gue mulu," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Kamis (11/6/2015).

Ahok mengaku kenal lama dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Dia juga tak menampik jika Sutiyoso cukup berperan membantu Jokowi saat mengikuti ajang Pilpres 2014. Tapi, sambung dia, Jokowi tidak mudah dipengaruhi.

"Mau lobi apa? Emang kamu gampang ngatur-ngatur Pak Jokowi? Emangnya aku bisa pengaruhin Pak Jokowi?" cetus mantan Bupati Belitung Timur itu.

Terlepas dari semua itu, Ahok mengaku cukup senang dengan penunjukan Bang Yos sebagai calon Kepala BIN mengantikan Marciano Norman. Sebab, kata dia, Bang Yos juga mempunyai pengalaman di bidang intelijen.

"Saya ikut seneng saja Bang Yos jadi (Kepala) BIN. Dia memang orang intel kan, aslinya orang intel," pungkas Ahok.

Presiden Jokowi memilih Sutiyoso untuk menggantikan Marciano Norman yang memasuki massa akhir jabatan pada 1 Agustus 2015. Sutiyoso harus menghadapi fit and proper test di DPR sebelum nantinya dilantik menjadi Kepala BIN.

Ketua Umum PKPI itu merupakan purnawirawan jenderal bintang 3 di jajaran TNI AD. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus, Kepala Staf Kodam Jaya, dan berlanjut menjadi Panglima Kodam Jaya.

Karir itu berlanjut ke ranah politik. Pensiun dari karir kemiliteran, Sutiyoso lalu terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga 2 periode. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Calon Kepala BIN

Video Terkini