Sukses

Ada Perbaikan, Jalur Bogor-Sukabumi Bakal Macet Hingga Lebaran

Sebab, proyek peningkatan jalan yang sudah berlangsung selama 2 pekan ini baru akan selesai pada Desember 2015.

Liputan6.com, Bogor - Kemacetan parah akibat peningkatan Jalan Mayjen HE Kusuma dan penggantian Jembatan Cimande di jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 15, Caringin, Kabupaten Bogor akan terus terjadi. Sebab, proyek peningkatan jalan yang sudah berlangsung selama 2 pekan ini baru akan selesai pada Desember 2015.

Pengawas lapangan proyek peningkatan jalan dan penggantian jembatan dari Kementerian Pekerjaan Umum, Tommy S mengatakan proyek peningkatan jalan masih berlangsung. Sedangkan untuk penggantian jembatan dilakukan setelah Lebaran.

"Kalau Jembatan Cimande kita akan kerjakan penganggtian setelah beres Lebaran," ujar dia saat ditemui di Jalan Mayjen HE Kusuma, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/6/2015).

Meski ada jalur alternatif dari Bogor ke Sukabumi melalui jalur Batutulis-Pamoyanan-Cijeruk-Cigombong, diprediksi jalan yang hanya memiliki lebar 4 meter itu bakal mengalami kemacetan parah saat menjelang Lebaran.

"Selain 2 pembangunan tadi, di bulan Juli kita akan mulai peningkatan dan perbaikan jalan Cijeruk-Cigombong. Tapi hanya 1 kilometer lebih itu," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) wilayah Ciomas, Asep Suryana.

Berdasarkan pantauan, kemacetan parah terjadi dari kedua arah, dikarenakan tepat di KM 14-16 Jalan Raya Mayjen HE Kusmayadi jalur Bocimi tengah ada pengerjaan peningkatan jalan.

Antrean truk kontainer, tronton pengangkut air mineral berbagai merek terlihat mengular sepanjang 15 KM. Pemandangan tersebut terlihat hampir setiap hari, khususnya saat malam hari mulai pukul 21.00 WIB hingga 00.00 WIB. (Ado/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.