Sukses

Sutiyoso Kaget Disebut Jadi Kepala BIN

Sutiyoso memiliki pengalaman di bidang intelijen semasa bertugas di Kopassus.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto mengatakan Presiden Jokowi menunjuk Letnan Jenderal TNI Purn Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru. Hal tersebut tertuang dalam surat yang diberikan Jokowi saat berada di Solo, Selasa 9 Juni lalu.

Sutiyoso menuturkan belum mengetahui jika dirinya ditunjuk menjadi Kepala BIN. "Ya aku sendiri belum dikasih tahu, kaget aku," ujar Sutiyoso saat dihubungi, di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Meski demikian, mantan Gubernur D‎KI Jakarta itu menyatakan kesiapannya jika benar Jokowi menunjuk dirinya. Saat masih bertugas di Kopassus, pria yang akrab disapa Bang Yos pernah mengemban tugas yang berkaitan dengan intelijen.

"Kalau itu terjadi, saya siap mengemban tugas itu‎. Karena intelijen itu kebetulan habitat saya dulu, karena waktu saya lama di Kopassus di Pasukan Sandi Yudha," kata Bang Yos.

Sutiyoso merupakan pendukung Jokowi-JK saat Pilpres 2014 lalu. Pada 28 April 2015, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pernah mengadakan rapat di rumah Bang Yos.

Selama mengadakan pertemuan tersebut, Bang Yos mengatakan tak pernah membahas sosok calon Kepala BIN yang baru‎.

"Ya kita ini kan KIH, jadi sering kumpul-kumpul untuk bicarakan Kepala BIN. Tapi saya tidak tahu kalau ditunjuk, dan belum tahu ya," tandas Sutiyoso. (Alv/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini