Sukses

Ketua DPR: Jokowi Tunjuk Sutiyoso Jadi Kepala BIN

Bang Yos merupakan salah satu pendukung Jokowi saat Pilpres 2014 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Selain mengajukan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga mengajukan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso ke Pimpinan DPR RI sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) menggantikan Marciano Norman. Hal itu disampaikan langsung Ketua DPR Setya Novanto.

"Sudah menerima surat, termasuk masalah Kepala BIN. Ini yang sudah beliau (Jokowi) tunjuk adalah Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano," kata Setya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Surat itu diterima langsung oleh Setya saat berada di Solo, Jawa Tengah. Politisi Partai Golkar itu menyatakan, surat tersebut akan segera ditindaklanjuti dalam rapat paripurna parlemen.

"Pimpinan Fraksi nanti secara prosedur akan fit and proper test, seperti berjalan dan mudah-mudahan semua lancar karena itu hak prerogratif Pak Presiden," tandas Setya.

Sutiyoso atau akrab disapa Bang Yos saat ini merupakan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Dia merupakan salah satu pendukung Jokowi saat Pilpres 2014 lalu. Bang Yos juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 2 periode. (Alv/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.