Sukses

Jokowi Larang Tamu Pernikahan Gibran-Selvi Bawa Hadiah

Permintaan tersebut juga telah tertulis dalam kartu undangan pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta tamu undangan yang hadir dalam acara pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada 11 Juni 2015, tidak memberi hadiah dalam bentuk apapun. Permintaan tersebut juga telah tertulis dalam kartu undangan pernikahan.

"Kita tidak menerima sumbangan dalam apapun. Saya kira dalam undangan sudah dicantumkan," ujar Jokowi di sela acara makan siang bersama para wartawan di sebuah rumah makan di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Senin (8/6/2015).

Jokowi menegaskan, bila ada tamu undangan yang tetap membawa hadiah saat datang ke acara pernikahan tersebut, panitia langsung mengembalikan hadiah tersebut. "Kan sudah dicantumkan (dalam kartu undangan‎), tidak menerima hadiah apapun. Tentu kalau ada yang memberi akan ditolak," ucap Jokowi.

‎Undangan pernikahan Gibran dengan Putri Solo 2009 Selvi Ananda telah disebar sejak 2 minggu jelang hari besar tersebut. Pendistribusian selesai pada Sabtu 5 Juni 2015.

Undangan pernikahan Gibran-Selvi terbuat dari bahan beledu merah. Pada sampulnya tertulis nama kedua mempelai dengan goresan tinta berwarna emas. Sementara kertas di dalamnya berwarna kuning.

Koordinator media center pernikahan Gibran-Selvi, Quirinto Endhi, menjelaskan undangan ini berukuran 18x26 cm dengan cover luar plastik. Lembar kedua udangan ada kutipan kitab suci Al Quran yang menjelaskan tentang keutamaan menikah dan membentuk keluarga sakinah. Ayat itu diambil dari Surat Ar Ruum ayat 21.

"Pada lembar ketiga berisi waktu dan tempat berlangsungnya resepsi. Sedangkan lembar terakhir berisi denah menuju lokasi gedung Graha Saba Buana," papar Quirinto.

"Pada lembar pertama undangan terselip kartu pengambilan suvenir. Kartu tersebut sekaligus juga untuk mengatur jam kedatangan tamu," ucap Quirinto.  Selain itu, di salah satu lembar halaman terdapat permintaan agar para tamu undangan tidak membawa hadiah saat datang ke acara resepsi pernikahan. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini