Sukses

Wapres JK Buka Forum Pertemuan Komisi Fatwa MUI di Tegal

Forum pertemuan komisi fatwa MUI akan membahas 3 topik yaitu strategis kebangsaan, fikih kontemporer, serta hukum dan perundang-undangan.

Liputan6.com, Tegal - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK dijadwalkan akan membuka ijtimak atau forum pertemuan komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Pesantren At-Tauhidiyyah Cikura, Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/6/2015) pada pukul 10.00 WIB.

Forum pertemuan komisi fatwa MUI akan membahas 3 topik. Pertama masalah strategis kebangsaan, kedua fikih kontemporer, dan ketiga hukum dan perundang-undangan.

Tema yang akan dibahas terkait masalah strategis kebangsaan yaitu ketaatan pada pemimpin yang tidak menaati janji kampanyenya, tentang kriteria kekafiran dan pengkafiran serta tentang radikalisme dalam kehidupan berbangsa dan penanggulangannya. Selain itu juga mengenai kebijakan pertahanan dan sumber daya alam.

Untuk masalah fikih kontemporer, dibahas mengenai haji berulang, alkamul masjid atau penggusuran masjid, terkait hukuman mati, status dana pensiun, imunisasi, dan hak pengasuhan anak bagi pasangan bercerai karena beda agama.

Sedangkan untuk hukum dan perundang-undangan akan membahas masalah ekonomi syariah, pengelolaan BPJS sesuai dengan ketentuan syariah, hukum terapan peradilan agama, revisi KUHP dan KUHAP, perda tentang rumah potong hewan halal, RUU minuman beralkohol, juga pembangunan kebijakan wisata syariah. (Ant/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • JK